Pendaftaran CPNS 2019

62 Pelamar di Sumba Timur Tidak Lolos Verifikasi Admintasi Hanya 2 Yang Sampaikan Sanggahan

Sedangkan bagi pelamar yang dinyatakan tidak lulus hasil seleksi administrasi jika terdapat keberatan terhadap keputusan Pansel pelamar

POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Kepala BKPSDMD Kabupaten Sumba Timur, Lu Pelindima, S.Sos (kedua kanan) didampingi Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Penilaian Kinerja, Penghargaan dan Pembinaan Disiplin Aparatur BKPSDM Sumba Timur, Marthen K Lijang S.H dan Kasubit Pengolahan Data BKPSDMD Sumba Timur, Jemreevs, ST saat memberikan keterangan. 

62 Pelamar di Sumba Timur Tidak Lolos Verifikasi Admintasi Hanya 2 Yang Sampaikan Sanggahan

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU--Dari 2.513 pelamar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 di Kabupaten Sumba Timur ada sebanyak 62 pelamar yang tidak lolos dalam verifikasi berkas persyaratan oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel) BKPSDM Kabupaten Sumba Timur.

Ke-62 pelamar ini diberikan waktu sanggahan untuk menyampaikan sanggahan, namun hanya 2 orang saja yang menyampaikan sanggahan dan semua sanggahan tidak diterima karena tidak memenuhi syarat.

Kepala BKPSDMD Kabupaten Sumba Timur, Lu Pelindima, S.Sos melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Penilaian Kinerja, Penghargaan dan Pembinaan Disiplin Aparatur BKPSDM Sumba Timur, Marthen K Lijang S.H, menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Senin (23/12/2019).

Marthen menjelaskan, sejak dibuka pendaftaran tes CPNS dari tanggal 11 November 2019 sampai dengan tanggal 26 November 2019 ada sebanyak 2.513 orang pelamar yang sesuai Sistem Aplikasi Pendaftaran dan memilih Instansi Pemerintah Kabupaten Sumba Timur.

Dari total pelamar sebanyak itu, jelas Marthen Tim Pansel melakukan verifikasi berkas yang dimulai sejak tanggal 13 November-13 Desember 2019 sebanyak 2.451 pelamar yang lolos, sedangkan 62 pelamar dinyatakan tidak lolos verifikasi.

Marthen menjelaskan 62 pelamar yang tidak lolos itu sesuai hasil verifikasi karena ada berbagai alasan pertama, kualifikasi pendidikan yang dimiliki oleh pelamar tidak sesuai dengan formasi jabatan yang dipersyaratkan. Kedua, ada pelamar yang surat tanda registrasi (STR) khusus formasi Kesehatan yang dilampirkan seharusnya yang dikeluarkan oleh Majelis Tenaga Kerja Kesehatan (MTK).

Selain itu, ketiga, ada pelamar yang tidak memiliki STR. Keempat, surat keterangan disabilitas tidak diuplaod dan tidak dikirim dokumen fisiknya dan kelima, ada pelamar yang tidak melampirkan STR sesuai jenjang pendidikan yang dimiliki oleh pelamar.

Dikatakan Marthen, khusus bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian dengan cara login pada portal https://sscasn.bkn.go.id sejak tanggal 13-16 Desember 2019. Sedangkan bagi pelamar yang dinyatakan tidak lulus hasil seleksi administrasi jika terdapat keberatan terhadap keputusan Pansel pelamar dapat menyampaikan sanggahan dari tanggal 16-19 Desember 2019.

"Jadi ada keberatan sanggahan ini dengan ketentuan bahwa isi sanggahan yang disampaikan bukan untuk memperbaiki kesalahan dokumen pada saat melakukan pendaftaran, tapi mungkin terdapat kekeliruan Pansel pada saat seleksi. Sanggahan ini disampaikan secara tertulis kepada Pansel disertai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan,"jelas Marthen.

Dikatakan Marthen, namun dari 62 pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi ini hanya 2 pelamar yang menyampaikan sanggahan sedangkan 60 pelamar tidak menyampaikan sanggahan. Ke-2 orang pelamar ini juga ditolak atau tidak diterima sanggahanya karena tidak memenuhi syarat.

Michael Memilih Hari Ibu Untuk Pemberkatan Gua Maria di Ri’it, Sikka

GP Ansor NTT Kerahkan 500 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

Begini Caranya Mengatasi Kaki Bengkak Saat Menempuh Perjalanan Jauh

Marthen juga menjelaskan, formasi yang dibutuhkan di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 97 formasi dengan rincian, formasi Tenaga Pendidikan sebanyak 38 kuota, Tenaga Medis sebanyak 30 kuota dan di Tenaga Teknis sebanyak 29 kuota. Semua formasi ini terisi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved