Berita Pendidikan

Pupuk Semangat Literasi Sejak Dini, SDK Canosa Tandangi Pos Kupang

Sekolah Dasar (SD) Katolik Canosa Kupang bertandang ke Kantor Harian Pagi Pos Kupang, Rabu (18/12/2019).

Pupuk Semangat Literasi Sejak Dini, SDK Canosa Tandangi Pos Kupang
pos kupang
Siswa SDK Canosa Kupang dipimpin Sr. Adriana Hutagalung 

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sekolah Dasar (SD) Katolik Canosa Kupang bertandang ke Kantor Harian Pagi Pos Kupang, Rabu (18/12/2019).

Kunjungan tersebut merupakan upaya mengembangkan kemampuan kognitif dan menumbuhkembangkan semangat literasi kepada siswa.

Sr. Adriana Hutagalung, FdCC, di sela-sela kunjungan, Rabu (18/12/2019), mengatakan, di tengah menjamurnya kebiasaan para siswa SD Katolik Canossa Kupang dalam bermain game adalah dengan memupuk semangat literasi sedini mungkin.

Said Didu Kasi Tantangan Buat Komut Pertamina Ahok Mantan Veronica Tan Suami Puput Apa Saja?

"Sebagai anak sekolah, mereka perlu dipupuk sejak dini untuk menarik minat baca, memahami, mencerna, menganalisis apa yang telah dibaca.

Meskipun tak jarang, kemampuan beberapa peserta didik di dalam kelas agak lambat. Akan etapi, perlu dipupuk sejak dini, " katanya.

Sr. Adriana, mengatakan, salah satu kendala yang acapkali dihadapi para guru dalam upaya mengembangkan semangat literasi adalah kebiasaan para peserta didik yang sudah terbiasa bermain game.

Rektor Undana Prof. Fred Benu: ASN Undana Harus Jaga Profesionalitas

Sehingga, katanya, pada saat para peserta didik dihadapkan pada buku bacaan, kecenderungan yang kerap terjadi menyebakan mereka (para peserta didik) lebih cepat merasa ' ngantuk.

Menurut Sr. Adriana, salah satu terobosan yang dilakukan pihak sekolah dalam rangka menumbuhkembangkan sekaligus merangsang semangat literasi bagi peserta didik adalah dengan menginstruksikan para peserta didik untuk menulis di dalam sebuah kertas, lalu kemudian di lekatkan di mading sekolah atau bahkan dilombakan.

Sedangkan, kata Sr. Adriana, dalam hal megembangkan semangat membaca bagi peserta didik, para guru mengarahkan peserta didik untuk membaca, lalu mengundang mereka untuk menceritakan kembali bahan bacaan yang telah dibaca.

Bagi Sr. Adriana, konkritisasi semangat literasi di sekolah diaplikasikan melalui penerapan aturan setiap hari Selasa sampai Jumat untuk melakukan kegiatan menulis dan membaca.

Wah! Syahrini Reino Barack Bakal Gelar Pernikahan Ulang Tahun 2020 Luna Maya Diundang Gak Ya?

Halaman
12
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved