Anggaran Pilkada Terendah di NTT, KPU Malaka Optimis Bisa Sukseskan Pilkada

tingkat partisipasi pemilih meningkat menjadi 72 persen atau naik 10 persen, meskipun belum mencapai target nasional

Anggaran Pilkada Terendah di NTT, KPU Malaka Optimis Bisa Sukseskan Pilkada
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Launching Pilkada Malaka tahun 2020 yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Komisioner KPU Provinsi NTT disaksikan Sekda Malaka dan undangan, di Aula Dekenat Malaka, Jumat (13/12/2019). 

Anggaran Pilkada Terendah di NTT, KPU Malaka Optimis Bisa Sukseskan Pilkada

POS-KUPANG.COM| BETUN--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka menyatakan siap menyukseskan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Malaka tahun 2019, meski anggaran pilkada tergolong kecil dan terendah dari delapan kabupaten penyelenggara Pilkada di NTT.

"Dengan anggaran yang paling terkecil dari delapan kabupaten penyelenggara Pilkada di NTT, kami KPU Malaka optimis untuk menyukseskan pilkada Malaka tahun 2020", kata Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak dalam sambutannya saat acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2019, di Aula Dekenat Malaka, Jumat (13/12/2019).

Menurut Makarius, anggaran Pilkada Malaka tahun 2020 yang alokasikan Pemerintah Kabupaten Malaka sebesar Rp 14,7 M yang tertuang dalam Nota Persetujuan Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangi 1 Oktober 2019.

Dengan anggaran yang ada, KPU Malaka optimis untuk menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati Malaka secara baik, efektif dan efisien.

Makarius mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat dan stakeholder untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Malaka tahun 2020 yang baik, jujur, adil dan bermartabat.

"Sebagai penyelenggara kami mengharap dukungan seluruh masyarakat dan stakeholder
untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Malaka tahun 2020 yang baik, jujur adil dan bermartabat", pinta Makarius.

Terkait partisipasi, Makarius menyebutkan tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Malaka tahun 2015 mencapai 62 persen atau presentasi terendah dari seluruh kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada 2015.

Pada pemilihan legislatif tahun 2019, tingkat partisipasi pemilih meningkat menjadi 72 persen atau naik 10 persen, meskipun belum mencapai target nasional yakni 77,5 persen.

Terhadap tingkat partisipasi ini, Makarius mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk terus mensosialisasi kepada masyarakat agar pada hari pencoblosan bisa datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya.

Makarius juga meminta dukungan dari masyarakat, para calon dan tim sukses untuk sama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian selama proses pilkada.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Malaka, Donatus Bere menegaskan kepada penyelenggara pilkada dan juga para calon agar mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepada masyarakat dihimbau agar menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian selama proses pilkada.

Lihat 9 Nama Wantimpres Presiden Jokowi, dari Mantan Menteri, Gubernur, Hingga Pengusaha

Kakanwil Kemenag NTT Apresiasi Langkah Kepolisian Rekrut Anggota dari Sekolah Berbasis Agama

Acara launching tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka tahun 2020 dihadiri Sekda Malaka, anggota DPRD Malaka, komisioner KPU Provinsi NTT, Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka, pejabat TNI, Polri, pimpinan perangkat daerah, ketua dan anggota KPU Belu, ketua dan anggota KPU TTS. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved