Usai Tamat, Ternyata Siswa-Siswi SMK Lebih Memilih Kuliah, Ini Jawabannya

Para siswa siswi SMA dan SMK Kupang cenderung ingin melanjutkan kuliah ketimbang mencari pekerjaan. Hal ini menurut mereka karena persaingan yang keta

Usai Tamat, Ternyata Siswa-Siswi SMK Lebih Memilih Kuliah, Ini Jawabannya
POS-KUPANG.COM/ Oby Lewanmeru
Ilustrasi Para siswa dan guru SMKN 1 Kupang pose bersama pejabat PT.Telkom di Jalan Palapa,Kota Kupang saat melakukan kunjungan industri, Jumat (8/11/2019). 

POS KUPANG | KUPANG Para siswa siswi SMA dan SMK Kupang cenderung ingin melanjutkan kuliah ketimbang mencari pekerjaan. Hal ini menurut mereka karena persaingan yang ketat untuk mencari pekerjaan di masa sekarang. Seperti yang disampaikan Alfiani Kota (16) Siswi SMAN 6 Kupang.

Menurutnya, kuliah itu penting “karena menurut saya kuliah bias menambah keterampilan dan pengetahuan yang menunjang kita para pelajar yang baru selesai menyelesaikan pendidikan SMA/SMK ke depannya.

Hal senada dikatakan Ina Hawu Haba (16) Siswi SMK 1 Kupang ini sekalipun bersekolah di SMK yang memiliki Kejuruan khusus, dirinya juga ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, karena menurutnya persaingan sekarang ini amatlah ketat “jadi diperlukan tambahan ilmu sehingga kita bisa bersaing di dunia kerja menurut saya.” Terangnya.

Pemain Maung Bandung Kippersluis Jadi Sorotan, Lini Tengah Positif, Analisis PSS Sleman vs Persib

Terkait kompetisi di dunia kerja jaman sekarang ini, Jeclyn Bara (17) Siswi SMAN 2 Kupang mengaku persaingan di dunia kerja adalah hal yang lumrah terjadi “karena dengan begitu kita bisa menunjukan potensi kita yang sesungguhnya. Terangnya. Namun dirinya maklum jika ada anak SMA/SMK yang ingin langsung bekerja selepas lulus sekolah. “bekerja mungkin untuk alas an ekonomi. Tapi menurut saya, tidak harus putus cita-cita karena kita tidak bisa melanjutkan studi.” Lanjutnya.

Lihat Pilot dan Pramugari Istirahat di Dalam Pesawat? Intip Ruang Rahasianya

Putri Djara (17), Siswi SMKN 6 Kota Kupang mengaku akan melanjutkan kuliah walaupun dirinya lulusan SMK. “Kuliah baru bisa kerja dengan baik. Pengetahuan juga bisa bertambah.”namun dirinya akan mengambil jurusan kuliah yang linear dengan jurusan di SMK sehingga dalam persaingan mencari kerja, dirinya memiliki pengetahuan tambahan.

Siswi SMAN 1 Kupang, Meylischa Lamma (16) pun ingin melanjutkan studi ke bangku kuliah. Menurutnya, sangat sulit mencari mata pekerjaan walaupun sudah bergelar sarjana. “Mencari kerja dengan ijazah S1 saja sulit. Sehingga kalau bisa melanjutkan studi, sebaiknya dilanutkan saja.” Menurutnya mencari pekerjaan sangat sulit di jaman sekarang, sehingga harus kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana.

Orangtua juga berperan penting dalam pengambilan keputusan anak untuk melanjutkan studi. Nuryani Dara, mengaku sulitnya lapangan kerja saat ini membuatnya ingin menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. “Cari kerja sangat susah sekarang. Ijazah S1 saja banyak yang nganggur. Apalagi lulusan SMA.” Terangnya. Walaupun menurutnya tidak menutup kemungkinan jika anaknya ingin langsung bekerja, akan lebih baik lagi. “terserah anak semuanya. Kita sebagai orangtua hanya mendukung hal-hal yang positif saja.”

Ina Billitana(46) Seorang ibu yang kedua anaknya juga sedang berada di kelas ujian mengaku alangkah lebih baik lagi anak langsung bekerja. “ sebaiknya langsung kerja saja. Karna tentu saja dengan bekerja ekonomi orangtua lebih terbantu. Namun, kalau anak ini mau kuliah, kita sebagai orangtua bisa usahakan biayanya. Asal kuliahnya yang baik.” Jelasnya

Orangtua pada umumnya hanya ingin yang terbaik bagi anaknya, tapi menurut sebagaian orangtua, wirausaha merupakan alternative yang baik Setidaknya itu yang diungkapkan Ruben Kadji (50). “anak-anak sudah pasti saya kuliahkan. Walaupun kalau ingin wirausaha lebih baik lagi. Lapangan kerj sudah sedikit. Kalau bisa diciptakan, lebih baik lagi. Bisa tolong oranglain juga.” terangnya*)

,

 

BalasTeruskan

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved