Ini Hasil Penilaian Ombudsman Terhadap Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di Kota Kupang

Ombudsman Republik Indonesia memaparkan Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2009 sesuai Undang-Undang No 25 Tahun

Ini Hasil Penilaian Ombudsman Terhadap Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di Kota Kupang
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Ilustrasi: Pamflet Ombudsman RI Perwakilan NTT

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Fransiska Mariana

POS-KUPANG.COM-KUPANG-Ombudsman Republik Indonesia memaparkan Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2009 sesuai Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap 62 produk layanan administrasi di Pemerintah Kota Kupang, diperoleh nilai rata-rata 46,02 yang membuat Kota Kupang mendapatkan Predikat Kepatuhan Rendah atau masuk dalam Zona Merah. Produk-produk layanan tersebut tersebar dalam 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemerintah Kota Kupang.

Data penilaian dikonversi menjadi angka yang mana akumulasi nilai diperoleh dari bobot nilai per variabel pertanyaan yang dilihat dari sisi ketampakan fisik pada penyelenggara layanan administratif baik tingkat pusat maupun daerah.

Hasil nilai rata-rata dibagi dalam 3 interval berbeda dan diberikan kategori tingkat kepatuhan. Predikat Kepatuhan Tinggi masuk dalam Zona Hijau dengan rentang nilai 81-100, Predikat Kepatuhan Sedang atau Zona Kuning memiliki rentang nilai 51-80, dan Predikat Kepatuhan Rendah atau Zona Merah diperoleh dari rentang nilai 0-50.

Predikat Kepatuhan Tinggi atau Zona Hijau diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memiliki 5 produk layanan, yakni Pembuatan Kartu Keluarga, Pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Penerbitan Akta Kelahiran, Penerbitan Akta Kematian, dan Penerbitan Akta Perkawinan. Kelima produk tersebut mendapatkan nilai 86,00.

Selain produk layanan Dukcapil, terdapat beberapa produk layanan lain yang mendapatkan nilai diantara rentang 81-100. Produk layanan tersebut berasal dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dari 14 produk layanan, terdapat 6 produk layanan yang masuk Zona Hijau yakni Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan nilai 84,50; Izin Trayek 87,00; Izin Usaha Industri 87,00; Surat Izin Usaha Perdagangan 93,00; Tanda Daftar Gudang 93,00; dan Izin Pemasangan Reklame 87,00.

Pemain Maung Bandung Kippersluis Jadi Sorotan, Lini Tengah Positif, Analisis PSS Sleman vs Persib

Sementara itu, terdapat 4 OPD dengan 10 produk layanan yang masuk dalam Zona Kuning dengan rentang nilai diantara 51-80. Keempat OPD tersebut ialah Dinas Kesehatan dengan 6 produk layanan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan 1 produk layanan, Dinas Perhubungan dengan 1 produk layanan, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan 2 produk layanan.

Menyongsong Ulang Tahun Ke 124, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes

Namun, beberapa produk layanan yang terdapat di beberapa OPD juga mendapatkan nilai diantara 0-50. Terdapat 12 OPD yang memiliki 41 produk layanan dengan nilai berkisar antara angka tersebut, yakni Dinas Kesehatan 8 produk layanan, Dinas Koperasi 1 produk layanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan 1 produk layanan,

Lihat Pilot dan Pramugari Istirahat di Dalam Pesawat? Intip Ruang Rahasianya

Dinas Pariwisata 1 produk layanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 2 produk layanan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 7 produk layanan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 2 produk layanan, Dinas Perhubungan 1 produk layanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan 2 produk layanan, Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan dengan 6 produk layanan, Dinas Sosial 6 produk layanan, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan 4 produk layanan. (cr1)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved