Di Nagekeo Guru dan Siswa SMK Negeri I Aesesa Olah Sampah Jadi Barang yang Bernilai Ekonomis

Dia mengaku setiap even atau ada pameran pihaknya sering ikut memasarkan krya limbah dan menjadi motivasi agar terus berkarya.

Di Nagekeo Guru dan Siswa SMK Negeri I Aesesa Olah Sampah Jadi Barang yang Bernilai Ekonomis
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Guru SMK Negeri I Aesesa saat menunjukan hasil karya limbah di SMKN I Aesesa Desa Aeramo Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Sabtu (7/12/2019). 

Di Nagekeo Guru dan Siswa SMK Negeri I Aesesa Olah Sampah Jadi Barang yang Bernilai Ekonomis

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Bagi sebagian orang sampah dipandang sebelah mata, tidak berguna dan sangat mengganggu lingkungan.

Namun, jika sampah dikumpulkan dengan baik dan diolah sedemikian rupa akan menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Hal itulah yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan dan sejumlah siswa SMK Negeri I Aesesa di Desa Aeramo Kota Mbay Kabupaten Nagekeo.

Mereka mengolah sampah atau bahan limbah menjadi barang berharga seperti keranjang, rak buka, tempat minum, pot bunga, tas dan aneka kerajinan tangan lainnya.

Sampah-sampah pada mulanya dikumpulkan lalu dipisahkan. Mana yang masih bisa diolah dan mana yang tidak bisa.

Guru mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) SMK Negeri I Aesesa, Paulus Sina, menjelaskan, sudah banyak produk atau karya yang dihasilkan oleh guru dan siswa berbahan sampah.

Sampah kata, Paulus bagi sebagian orang sangat mengganggu, namun jika didaur ulang sesuai dengan kemauan akan menjadi barang antik yang tidak kalah dengan produk dari luar.

Ternyata, ketika siswa-siswi didorong mendaur ulang sampah ide dan kreatifitasnya ditunjukan serta akan menjadi sebuah produk.

"Ini semua hasil krya limbah. Dari pada kita buang sampah sembarang lebih baik kita olah sampah sehingga menjadi barang berguna," ungkap Paulus, Sabtu (7/12/2019).

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved