Ratusan Perempuan Pakistan Dijual untuk Dijadikan Istri ke China, Bagaimana Indonesia?

Sebuah penyelidikanpihak berwenang Pakistan menyebutkan bahwa lebih dari 600 perempuan dari negeri itu telah dijual untuk dijadikan istri ke China

AP: K.M. Chaudary
Penyelidik Pakistan sedang berusaha mengungkapkan rantai perdagangan perempuan dari Pakistan ke China untuk dijadikan istri namun banyak mengalami kesulitan. 

Ratusan Perempuan Pakistan Dijual Untuk Dijadikan Istri ke China, Bagaimana Indonesia?

POS-KUPANG.COM - Sebuah penyelidikan yang dilakukan pihak berwenang Pakistan menyebutkan bahwa lebih dari 600 perempuan dari negeri itu telah dijual untuk dijadikan istri ke China selama 18 bulan terakhir.

Namun mereka mengatakan usaha untuk membantu para perempuan tersebut mendapat banyak hambatan.

Para penyelidik sudah memiliki daftar 629 perempuan Pakistan yang tercatat dalam sistem manajemen perbatasan, yang mencatat semua perjalanan ke luar negeri lewat bandara.

Informasi tersebut mencakup nomor KTP, nama suami mereka di China, dan tanggal pernikahan, yang terjadi selama tahun 2018 sampai April 2019.

Menurut sebuah sumber kepada kantor berita Associated Press, daftar itu dikumpulkan bulan Juni 2019 namun dihentikan karena adanya tekanan dari pejabat pemerintahan Pakistan.

Gara-Gara Tolak Ajakan Tidur Si Bos, Pramugari Ini Dinonjobkan, Hotman Ungkap Sisi Kelam Maskapai

Saleem Iqbal adalah seorang pegiat beragama Kristen yang membantu orangtua menyelamatkan anak-anak perempuan mereka dari China dan mencegah mereka dijual ke sana.

Menurutnya, pemerintah Pakistan berusaha menghentikan penyelidikan yang sedang dilakukan pejabat dari Badan Penyelidik Federal Pakistan.

'Tidak seorang pun membantu mereka'

Laporan HRW bulan Desember mengenai perdagangan perempuan dari Myanmar ke China mengatakan praktek ini sekarang semakin menyebar.
Laporan HRW bulan Desember mengenai perdagangan perempuan dari Myanmar ke China mengatakan praktek ini sekarang semakin menyebar. (Human Rights Watch)

Bulan Oktober lalu, pengadilan di kota Faisalabad membebaskan 31 warga China yang sebelumnya dikenai tuduhan perdagangan manusia.

Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved