Literasi Taman Bacaan Pelangi Di Ende Diikuti Ribuan Peserta

-Lebih dari seribu anak-anak di Ende turut serta dalam Festival Literasi Ende 2019, sebuah festival literasi pertama di kota Ende,Sabtu (30/11/2019) d

Literasi Taman Bacaan Pelangi Di Ende Diikuti Ribuan Peserta
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
PESERTA/Para Peserta Literasi Berfoto Bersama Di Lapangan Pancasila,Ende,Sabtu (30/11/2019). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com,Romualdus Pius

POS KUPANG.COM,ENDE---Lebih dari seribu anak-anak di Ende turut serta dalam Festival Literasi Ende 2019, sebuah festival literasi pertama di kota Ende,Sabtu (30/11/2019) di Lapangan Pancasila,Ende.

Festival ini digelar oleh Taman Bacaan Pelangi bekerjasama dengan Forum Giat Literasi dalam rangka merayakan ulang tahun TB Pelangi yang ke-10. Ribuan anak, guru, orangtua murid, komunitas literasi sedaratan NTT, serta publik menghadiri acara festival.

Festival Literasi Ende 2019 ini diadakan dalam rangka merayakan ulang tahun Taman Bacaan Pelangi ke-10. Kami merasa bangga dan terharu dapat mengadakan acara ini. Tidak terasa sudah sepuluh tahun TB Pelangi menyapa anak-anak di Indonesia Timur melalui 128 perpustakaan ramah anak yang telah kami dirikan,"kata Nila Tanzil selaku, Founder Taman Bacaan Pelangi.

"Kini ada lebih dari 30.000 anak yang telah merasakan manfaat dari program literasi kami. Semuanya ini tentunya berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari para donor, partner, media massa, sekolah mitra, serta seluruh lapisan masyarakat. Tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak, tidak mungkin TB Pelangi dapat berkembang seperti sekarang ini”, kata Nila Tanzil.

“Apresiasi setinggi-tingginya juga saya berikan kepada teman-teman dari Forum Giat Literasi yang bekerjasama dengan kami untuk merealisasikan acara festival ini. Kerjasama ini mencerminkan bentuk kepedulian yang sama terhadap pentingnya menumbuhkan kebiasaan membaca bagi anak-anak di Ende,"ujarnya.

"Selain itu, TB Pelangi juga berterima kasih kepada para sponsor dan donatur yang mendukung acara ini. Kami percaya bahwa kolaborasi di bidang literasi akan memberikan dampak yang lebih luas kepada masyarakat”, kata Nila.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Kornelis Wara mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Ende, pihaknya mengucapkan selamat ulang tahun ke-10. "Kami sangat mengapresiasi upaya Taman Bacaan Pelangi dalam meningkatkan kualitas literasi anak-anak di Ende. Terima kasih telah membangun 50 perpustakaan ramah anak di kabupaten kami serta mengadakan festival literasi yang pertama di kota kami. Ini sungguh merupakan bentuk kepedulian yang luar biasa terhadap masyarakat Ende,"ujarnya.

Festival Literasi pertama di Ende ini selain dimeriahkan dengan berbagai acara seperti lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba membaca puisi, lomba bercerita dengan Bahasa Daerah, lomba bercerita dengan Bahasa Indonesia, juga diwarnai oleh marching band dan kebangsaan yang diikuti oleh lebih dari 50 Sekolah Dasar di Ende,

Para peserta pada umumnya
anak-anak mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia serta kostum profesi yang berbeda-beda.
Uniknya, semua anak yang turut berpartisipasi dalam festival ini mendapatkan sebuah buku cerita anak sebagai kenang-kenangan dari TB Pelangi. Ada lebih dari 1.000 buku cerita anak yang dibagikan secara gratis di acara ini.

Halaman
123
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved