Taman Bacaan Pelangi Gelar Festival Literasi Di Ende

TB Pelangi selama sepuluh tahun membangun mimpi anak-anak di Indonesia Timur melalui berbagai program literasi yang kami lakukan.

Taman Bacaan Pelangi Gelar Festival Literasi Di Ende
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Salah satu taman bacaan di Ende Binaan Taman Bacaan Pelangi. 

Taman Bacaan Pelangi Gelar Festival Literasi Di Ende

POS-KUPANG.COM--Taman Bacaan Pelangi mengadakan “Festival Literasi Ende 2019.
Festival ini merupakan festival literasi pertama di Ende dan akan digelar pada Sabtu, 30 November 2019 di Lapangan Pancasila serta diikuti oleh sekitar seribu anak, guru, berbagai komunitas literasi di NTT, serta masyarakat setempat.

Nila Tanzil, Founder Taman Bacaan Pelangi mengatakan, “Festival Literasi Ende 2019 ini merupakan perayaan atas kerja TB Pelangi selama sepuluh tahun membangun mimpi anak-anak di Indonesia Timur melalui berbagai program literasi yang kami lakukan.

Sepuluh tahun adalah waktu yang cukup panjang dan membuktikan komitmen serta konsistensi TB Pelangi dalam meningkatkan kebiasaan membaca anak-anak di Indonesia Timur.

" Ke-128 perpustakaan yang telah kami dirikan di 18 pulau di Indonesia Timur serta pelatihan kepada lebih dari 1.400 guru-guru di pelosok merupakan bukti kerja nyata TB Pelangi dan kontribusi kami untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia Timur,"katanya.

"Semua pencapaian ini adalah karena dukungan dari berbagai pihak, baik donor, partner, mitra sekolah, para guru, orangtua, serta seluruh elemen masyarakat dan hal ini patut dirayakan”,ujarnya.

“Festival Literasi Ende 2019 ini juga merupakan bentuk apresiasi kami terhadap sekolah-sekolah dasar yang menjadi mitra kami di Ende, para guru yang telah bekerja keras membuat anak-anak didik mereka menjadi suka membaca, para orangtua murid serta para donor yang telah memberikan dukungan terhadap program-program kami”, kata Nila.

TB Pelangi mengadakan Festival Literasi Ende 2019 dengan tujuan masyarakat luas menjadi lebih sadar akan pentingnya peran buku bagi generasi penerus Indonesia. Diharapkan agar berbagai elemen masyarakat mulai dari orangtua, para guru, pemerintah daerah, turut menciptakan lingkungan yang kondusif untuk anak-anak menjadi suka membaca.

Untuk kegiatan ini, Taman Bacaan Pelangi bekerjasama dengan Forum Giat Literasi.

Mario, Ketua Forum Giat Literasi, mengatakan, “Kami senang sekali akhirnya ada festival literasi di Ende. Festival ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, tidak hanya menjadi penambah semangat anak-anak untuk rajin membaca, namun juga bagi para pegiat literasi untuk semakin tekun dan aktif dalam berkarya di bidang literasi”.

Festival Literasi Ende 2019 ini memiliki berbagai rangkaian acara, mulai dari lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba membaca puisi, lomba bercerita, pawai kebangsaan, serta pentas seni. Ada pula sesi Inspiring Talkshow yang menghadirkan Gol A Gong, salah satu penulis ternama Indonesia.

Bersama dengan Nila Tanzil, sesi Inspiring Talkshow ini akan membahas tentang bagaimana membangun taman bacaan yang berkelanjutan serta program-program literasi yang menarik.

Di samping itu, Festival Literasi ini juga memberikan kesempatan kepada para pegiat literasi untuk menunjukkan karya nyata mereka. Para pegiat literasi yang memiliki taman bacaan masyarakat diberikan stan khusus dimana masing-masing taman bacaan masyarakat dapat mengadakan kegiatan untuk anak-anak dan mengkomunikasikan kegiatan literasi mereka kepada khalayak ramai.

Nila mengatakan, “TB Pelangi berharap acara ini dapat menambah semangat para pegiat literasi baik di Ende pada khususnya dan NTT pada umumnya. Dengan adanya pameran stan komunitas literasi, para orangtua serta publik jadi mengetahui komunitas-komunitas literasi yang ada di kampung mereka masing-masing dan semoga juga turut berkontribusi dan aktif mengikuti berbagai kegiatan yang ada”.

Chord Gitar dan Lirik Lagu Karena Ku Cinta Kau Bunga Citra Lestari, Saat Kau Ingat Aku Ku Ingat Kau

Festival Seni Budaya, Pemilihan Nyong-Nona FPIK UKAW dan Nota Kesepahaman PKK Prov NTT

Disuru Memilih Atta Halilintar atau Teuku Rassya, Jawaban Aurel Hermansyah Jadi Sorotan, Menikah?

Festival Literasi Ende 2019 ini terbuka untuk umum dan gratis. Acara ini mendapatkan sponsor utama dari Arya Noble serta sponsor pendukung yaitu The Asia Foundation dan Sriwijaya Air, serta individu-individu yang berdonasi melalui fundraising campaign di kitabisa.com.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Ende, Sabtu (30/11/2019).

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved