Kabar Gembira, Anjungan Dukcapil Mandiri Diluncurkan, Bisa Cetak Sendiri KTP, KK, Akta Kelahiran

Kabar Gembira, Anjungan Dukcapil Mandiri Diluncurkan, Bisa Cetak Sendiri KTP, KK, hingga Akta Kelahiran

Editor: Kanis Jehola
KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI
Mendagri Tito Karnavian meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara Senin (25/11/2019) malam. 

Kabar Gembira, Anjungan Dukcapil Mandiri Diluncurkan, Bisa Cetak Sendiri KTP, KK, hingga Akta Kelahiran

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) meluncurkan anjungan dukcapil mandiri ( ADM) di Discovery Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, pada Senin (25/11/2019) malam.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, ADM ini membuat warga bisa mencetak berbagai kartu identitas yang dikeluarkan Dukcapil secara mandiri.

Kuipers Anggap Melawan Bali United Tantangan Berat bagi Persib, Tapi Ini Kata Bek Maung Bandung

"ADM bisa mencetak KTP, akta kelahiran, akta kematian, KK, dan lain-lain dalam hitungan menit," kata Tio seusai peresmian, Senin malam.
Tito menjabarkan, ADM dapat mempermudah layanan publik di Dukcapil yang selama ini terbilang sulit.

Saat meresmikan ADM tersebut, Tito mendemonstrasikan pembuatan KTP dengan alat tersebut. Ia tampak menginput beberapa data ke anjungan tersebut.

APBD dan Ketidakpastian Ekonomi

"Tadi saya sudah coba sendiri, lebih kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan dengan cepat, ini terobosan bagus," tutur Tito.

Ia lantas mendorong agar Dukcapil di setiap daerah bisa mengadakan ADM tersebut. Selain mempermudah, program tersebut bisa mengurangi potensi korupsi.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah menyebutkan, ADM ini sudah masuk dalam katalog sehingga sudah bisa dipesan oleh masing-masing pemerintah daerah.

"Sudah kita letakkan di e-katalog. Jadi lelangnya melalui e-katalog, daerah silakan beli," ucap Zudan. (Kompas.com/Jimmy Ramadhan Azhari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anjungan Dukcapil Mandiri Diluncurkan, Bisa Cetak Sendiri KTP, KK, hingga Akta Kelahiran",

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved