Bupati Tahun: Penundaan Pelantikan 19 Kepala Sekolah TK Karena Alasan Teknis

Kata Bupati Tahun: Penundaan Pelantikan 19 Kepala Sekolah TK karena alasan teknis

Bupati Tahun: Penundaan Pelantikan 19 Kepala Sekolah TK Karena Alasan Teknis
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Bupati TTS, Egusem Piether Tahun 

Kata Bupati Tahun: Penundaan Pelantikan 19 Kepala Sekolah TK karena alasan teknis

POS-KUPANG.COM | SOE - Bupati TTS, Egusem Piether Tahun yang dikonfirmasi terkait alasan penundaan pelantikan kepala sekolah tingkat TK, yang dilakukan hanya dalam hitungan jam sebelum pelantikan, menyebut alasan teknis berada dibalik penundaan tersebut.

Namun, saat diminta untuk menjelaskan lebih rinci, Bupati Tahun justru menyebut alasan sosial yang berada dibalik penundaan tersebut.

Ia menyebut, beberapa kepala sekolah TK yang hendak dilantik mengeluh padanya terkait lokasi penempatan yang berada di luar Kota Soe.

Di SMAN 2 Keo Tengah Nagekeo Kekurangan Guru, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

Pasalnya, masih menurut Bupati Tahun, beberapa kepala sekolah yang hendak dilantik sudah hampir memasuki masa pensiun. Oleh sebab itu, karena pertimbangan sosial, dirinya meminta Pelantikan19 kepala sekolah tingkat TK ditunda ke awal Desember.

"Baperjakat inikan hanya mempertimbangkan dari sisi profesionalisme saja, tetapi saya melihat alasan sosial jika mereka (kepala sekolah TK,red) di tempatkan jauh dari keluarga mereka. Padahal, masa Pengabdian mereka sebagai ASN sisa menghitung satu atau dua tahun saja," bebernya.

Bupati Kamelus Jadi Ketua Alumni Undana Kupang di Manggarai

Bupati Tahun memastikan ke- 19 nama yang akan dilantik tidak akan mengalami perubahan. Perubahan hanya terjadi pada lokasi penempatan.

"Saya pastikan nama mereka tidak berubah. Masalahnya saat ini guru TK yang berstatus ASN ini berpusat di kecamatan Kota. Sedangkan untuk di kecamatan-kecamatan tidak ad yang berstatus ASN. Sedangkan syarat untuk menjabat kepala sekolah harus ASN," jelasnya.

Terkait pemberitahuan penundaan pelantikan yang hanya dilakukan via telepon dan pesan WhatsApp, Bupati Tahun berkilah jika hal tersebut disebabkan karena mepetnya waktu dan keterbatasan panitia.

"Itu hanya karena memang waktu sudah sangat sempit makanya pemberitahuannya hanya lewat telepon dan pesan WhatsApp," ujarnya.

Untuk diketahui, 19 Guru TK di Kabupaten TTS yang awalnya dijadwalkan untuk dilantik sebagai kepala sekolah, Senin (25/11/2019) ditunda dipending ke awal Desember.

Mirisnya, penundaan pelantikan ini hanya disampaikan via pesan WhatsApp dan telepon.
Hal ini membuat guru TK yang hendak dilantik menjadi kepala sekolah kecewa berat. Para guru TK mempertanyakan alasan penundaan pelantikan tersebut.

Norlince Dethan, salah satu guru TK yang menjadi korban penundaan pelantikan mengaku, merasa dipermainkan atas keputusan penundaan pelantikan tersebut.

Dirinya mengatakan, dirinya mendapat undangan pelantikan pada hari Jumat (22/11/2019). Namun anehnya, pada Minggu (24/11/2019) malam dirinya mendapat pesan WhatsApp terkait penundaan pelantikan atas dasar putusan bupati. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved