Menyimak Niat Mulia Bupati Sikka Investasi Pariwisata di Labuan Bajo Namun Perlu Sebuah Proses

NIAT baik Bupati Sikka, Robertus Diego Idong, M.Si, yang ingin melakukan investasi pariwisata di Labuan Bajo dengan argumentasi agar dapat membantu

Menyimak Niat Mulia Bupati Sikka Investasi Pariwisata di Labuan Bajo Namun Perlu Sebuah Proses
istimewa
Dr.Frans Sales, S.Pd, MM

NIAT  baik Bupati Sikka, Robertus Diego Idong, M.Si,  yang ingin melakukan investasi pariwisata di Labuan Bajo dengan argumentasi agar dapat membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sikka.

Namun niat baik investasi ini diharapkan sebaiknya di tunda, karena terkesan motivasinya tergesa-gesa. Faktor penyebanya; tìdak melalui suatu fase kebijakan publik yang baik. Seperti tidak dibentuk tim untuk melakukan identifikasi terdahulu, tidak ada tim khusus untuk menformulasikan yang memiliki kompetensi dan keahlian disejumlah disiplin ilmu yang relevan, mendesain strategi penerapan, Implementasi, pengawasan dan evaluasi secara berstandar.

Rencana kebijakan untuk investasi di Labuan bajo, adalah kebijakan yang kurang populis atau kebijakan yang tidak inovatif, tidak produktif bagi publik Sikka dalam Jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Sehinggà Bupati Sikka harus barani mengurungkan niat mulia ini untuk public interest yang lebih besar kedepannya dari pada investasi pariwisata di Labuan Bajo yang sifatnya sementara, tidak pasti untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sikka.

Juga tidak sustainable sistimatic dalam pembangunan dan pengembangan kabupaten sikka saat ini, maupun kedepannya. Kebijakan investasi pariwisata di Labuanbajo kabupaten Manggarai Barat kalau di paksakan akan berimpect negatif yaitu menimbukan masalah dan pelayanan administrasi publik Kabupaten Sikka di masa yang akan datang.

Apalagi rencana kebijakan yang diwacanakan tidak melalui suatu mekanisme/fase kebijakan publik yang baik seperti: ada tim yang melakukan indentifikasi, menformulasikan, mendesain strategi penerapan, Implementasi, pengawas dan evaluasi.

Selanjutnya terkait investasi ke Labuan Bajo, usul sebaiknya Bupati Sikka berkolaborasi dengan sejumlah stakeholders yang ada di Kabupaten Sikka maupun dari luar seperti pemerintah dan Dewan Perwakilan Rayat Daerah, masyarakat Sipil, NGO / LSM dan Dunia Usaha/Sponsorship dengan melakukan inovasi kebijakan yang brilian  dengan investasi mengalokasikan anggaran dalam jumlah besar untuk membangun sejumlah destinasi Kebudayaan sebagai fondamen dan mesin produksi untuk pariwisata menjual prodaknya untuk menyubangkan pendapatan Asli Daerah sebagai sebuah investasi inovasi kebijakan yang sustainable sistimatic jangka panjang yang berkelanjutan.

Kabupaten sikka memiliki sejumlah potensi destinasi budaya seperti Destinasi Religi, Gereja Tua di Sikka dan Siara di Patung Bunda Maria Fatima Lela, dan Patung Bunda Segala Bangsa di Nilo, Patung Kristus Raja di Kota Uneng dan lainnya.

Destinasi Bahari, laut dan Pantai Maumere sangat terkenal indah dan menarik pantainya yang diselimuti dengan lambaian- lambain Nyiur melambai-lambai, dan Taman Laut Teluk Maumere dan Taman laut Sao Wisata, Sea Wold Club, Taman Laut Pangabatang yang indah , namun kurang di ekspose dan Destinasi budaya yang sudah go Internasional sampai ke Amerika, Eropa dan belahan dunia serta benua lainnya.

Lewat seorang wanita hebat yang dengan profil originalitas bernama Alfonsa Horeng dengan dibantu sejumlah orang dalam.komunitas binaannya, mampu memperkenal sejumlah budaya peninggalan masa lampau, dan saat ini lewat karya- karya tenun ikat yang beragam motifnya. Juga di perkaya lagi dengan seorang pemuda yang bernama Nong Franco yang menduniakan dan memecakan rekor MURI  dengan sebuah lagu hotsnya...Gemu Fa...Mi...Re....  Salah Sikka... Horo,

Penulis Oleh : Dr. Frans Sales, Spd, MM

Frans Sales di Gedung Pascasarjana Undana Kupang, Senin (24/6/2019).
Frans Sales di Gedung Pascasarjana Undana Kupang, Senin (24/6/2019). (POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved