Pemilihan Putra dan Putri NTT Tahun 2019 : Julie Laiskodat: Semuanya Akan Jadi Pemenang

-Pemilihan Putra dan Putri NTT Tahun 2019 berlangsung di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Sabtu (16/11/2019) malam. Kegiatan ini digagas

Pemilihan Putra dan Putri NTT Tahun 2019 : Julie Laiskodat: Semuanya Akan Jadi Pemenang
Foto oleh Fransiska Mariana
Julie Sutrisno Laiskodat berfoto bersama para juri nasional dari Jakarta dalam Pemilihan Putra dan Putri NTT Tahun 2019 di Aula Rujab Gubernur NTT, Sabtu (16/11/2019) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Fransiska Mariana

POS-KUPANG.COM-KUPANG-Pemilihan Putra dan Putri NTT Tahun 2019 berlangsung di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Sabtu (16/11/2019) malam. Kegiatan ini digagas oleh Dekranasda NTT bekerjasama dengan beberapa OPD di lingkup Provinsi NTT.

Menurut Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, setelah satu tahun pengamatan, pemilihan putra-putri dan duta yang dilakukan oleh dinas kurang efisien dan efektif, karena setelah habis penyelenggaraan pun, anaknya terkesan seperti 'dibuang' begitu saja. Sehingga, melalui persetujuan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Dekranasda NTT menggagas model kegiatan seperti ini, dimana pemilihan putra-putri dan duta akan dijadikan satu. "Pemilihannya itu tidak ada juara. Jadi mereka itu, si A pos-nya di bidang ini. Si B, di sini. Jadi wakili kita ini di nasional," ungkap Julie.

Proses seleksi dilakukan oleh dekranasda di tiap daerah dengan menggunakan standar nasional. Berbagai OPD yang bekerjasama pun terlihat kompak sehingga Julie merasa tak memiliki kesulitan dalam mempersiapkan kegiatan ini.

15 im Putra dan 10 Tim Putri Unggulan Siap Tampil di Liga Bola Voli Walikota Cup 2019, Simak Info

Selain itu, 22 putra dan 22 putri yang mengikuti kegiatan ini akan ditempatkan di OPD yang bersangkutan. Mereka akan menjabat selama setahun dan diberi honor secara UMR. Mereka pun harus bersedia diutus kemanapun untuk wakili OPD tersebut sesuai bidangnya.

Adapun juri yang terlibat adalah juri nasional, yakni Tety dari Yayasan Puteri Indonesia; Clarita Mawarni Salem, Putri Pariwisata Indonesia 2019; R. Sapto Djoko Widinugroho; Defrico Windo. "Ajang-ajang di nasional seperti pemilihan Putri Indonesia, Miss Grand Internasional, maupun pemilihan Putri Pariwisata, saya minta jurinya dari panitianya mereka. Jadi mereka langsung lihat sesuai bidangnya masing-masing," jelas Julie.

Selain juri nasional, juri lokal disiapkan dari setiap dinas untuk penilaian tematik. Juri tersebut datang selama karantina untuk menyeleksi peserta yang cocok dengan perwakilan icon mereka.

Julie melanjutkan, setiap tahun akan ada 44 anak muda yang diberi honor, bukan saja materi tapi ilmunya. Sehingga ada 44 sumber daya manusia yang siap dikembangkan. "Dan dalam setahun ini akan dipersiapkan untuk event nasional itu." (cr1)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved