Alo Liliweri Guru Besar Ilmu Komunikasi Undana Kupang: Kompetensi Lebih dari Sekadar Pengetahuan

Kata Alo Liliweri Guru Besar Ilmu Komunikasi Undana Kupang: Kompetensi Lebih dari Sekadar Pengetahuan

Alo Liliweri Guru Besar Ilmu Komunikasi Undana Kupang: Kompetensi Lebih dari Sekadar Pengetahuan
POS-KUPANG.COM/Panitia Seminar
Prof Alo Liliweri saat memberikan seminar kepada para calon wisudawan/wisudawati lulusan Tahun Akademik 2018/2019 di Aula Missio Kampus Unika Santu Paulus Ruteng, Kamis (14/11/2019) pagi bersama Dr. Maksimus Regus, Dekan FKIP, Unika Santu Paulus Ruteng. 

Kata Alo Liliweri Guru Besar Ilmu Komunikasi Undana Kupang: Kompetensi Lebih dari Sekadar Pengetahuan

POS-KUPANG.COM | RUTENG - “Menghadapi dunia abad ke-21, kompetensi menuntut dan melibatkan kemampuan seseorang untuk berhadapan dengan kompleksitas masalah, dapat menggambarkan dan memobilisasi sumber daya psikososial dalam konteks tertentu. Kompetensi, dengan demikian, lebih dari sekadar pengetahuan,”

Demikian salah satu hal yang ditekankan Prof. Alo Liliweri saat memberikan seminar kepada para calon wisudawan/wisudawati lulusan Tahun Akademik 2018/2019 di Aula Missio Kampus Unika Santu Paulus Ruteng, Kamis (14/11/2019) pagi.

Dua Pelaku Pencurian Aki Lampu Jalan di Kota Kupang Ternyata Beroperasi Sampai TTU

Dalam presentasinya, guru besar Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Kupang itu mengemukakan, kecerdasan merupakan kualitas mental yang terdiri dari kemampuan untuk belajar dari pengalaman.

Menurutnya, seorang lulusan perguruan tinggi harus dapat beradaptasi dengan situasi baru, memahami dan menangani konsep-konsep abstrak serta menggunakan pengetahuan keterampilannya untuk memanipulasi lingkungan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, keterampilan merupakan kemampuan untuk melakukan tugas dengan hasil yang ditentukan seiring waktu.

Unika Santu Paulus Ruteng Wisuda 739 Sarjana dan Ahli Madya, Ini Harapan Rektor

Ia mengatakan, keterampilan dapat diklasifikasi menjadi dua, yakni keterampilan umum yang meliputi manajemen waktu, kerja tim, kepemimpinan, serta motivasi diri dan keterampilan khusus yang dapat digunakan hanya untuk pekerjaan tertentu.

Seminar ini diselenggarakan Panitia Wisuda Unika Santu Paulus Ruteng kepada para calon wisudawan/wisudawati.

Pada tahun ini panitia wisuda mengusung tema “Kecerdasan Abad ke-21: Antara Kompetisi Global, Literasi Teknologi, dan Radikalisme”.

Menurut Prof. Liliweri, jenis-jenis keterampilan abad ke-21 meliputi tiga hal yakni, keterampilan kognitif, keterampilan interpersonal dan keterampilan intrapersonal.

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved