RS Kartini Beri Penyuluhan Kesehatan dan Bantuan Sembako Kepada Pemulung dan Anak Sekolah

Manajemen RS Kartini Beri Penyuluhan Kesehatan dan Bantuan Sembako kepada pemulung dan Anak Sekolah

RS Kartini Beri Penyuluhan Kesehatan dan Bantuan Sembako Kepada Pemulung dan Anak Sekolah
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Pihak RSU. Kartini penyuluhan tentang penyakit diabetes keada anak-anak SD Oesapa Kecil Kota Kupang, Jumat (15/11/2019). 

Manajemen RS Kartini Beri Penyuluhan Kesehatan dan Bantuan Sembako kepada pemulung dan Anak Sekolah

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pada 29 November 2019 ini, RSU Kartini Kupang genap berusia enam tahun melayani masyarakat Kota Kupang.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi untuk masyarakat kota Kupang, RSU Kartini Kupang melakukan beberapa kegiatan dengan tema "GET IN TOUCH". Tujuannya agar Rumah Sakit dapat selalu terhubung dengan pasien, mitra maupun masyarakat.

BREAKING NEWS: Wabup Flotim Cium Tangan Kepala Pustu Waiklibang

Demikian dijelaskan oleh Direktur RSU Kartini dr. Yudith Marieta Kota,M.Kes POS-KUPANG.COM, di sela kunjungan dan penyuluhan kesehatan di SD Oesapa Kecil, Kota Kupang, Jumat (15/11/2019).

Kegiatan perdana dilakukan di Komunitas Pemulung, Kamis, (10/11/2019). Kegiatan yang dilakukan yakni edukasi kebersihan tangan dan pembagian keperluan rumah tangga, seperti: Kasur, paket sembako, pakaian dan sepatu layak pakai.

Paket tersebut diberikan kepada 24 Kepala Keluarga (kk) yang tinggal di lokasi tersebut.

Cucu Ketiga Presiden Jokowi Lahir Berjenis Kelamin Perempuan, Siapa Namanya Ini Kata Gibran

Selanjutnya, 1 November 2019, RSU Kartini melakukan kunjungan ke PT Pelindo III, Tenau sebagai mitra rumah sakit. Kunjungan ini juga disertai dengan screening diabetes, senam diabetes bersama edukasi tentang bahaya diabetes terhadap seluruh karyawan PT Pelindo III.

Pada tanggal 09 November, RT 25 RW 11 Kelurahan Kelapa Lima juga mendapat kesempatan untuk dikunjungi karyawan dan staf dari RS Kartini Kupang. Dalam perkunjungan ini, warga mendapat screening diabetes, diajarkan senam diabetes dan diajarkan tentang cara mencegah penyakit diabetes.

Selain mengunjungi mitra dan masyarakat, RSU Kartini kupang juga memberikan atensi kepda siswa-siswa Sekolah Dasar dengan membekali mereka tentang apa itu diabetes dan bagaimana cara deteksi dini penyakit diabetes pada orang tua mereka.

"Selama 5 (lima) hari, karyawan san staf secara bergantian melakukan perkunjungan ke sekolah-sekolah dasar. Di sekolah-sekolah tersebut, siswa akan menerima edukasi singkat tentang diabetes," jelasnya.

Setelah itu, para siswa akan diajar cara untuk mengukur lingkar pinggang. Setelah mereka tahu, staf akan membagikan form yang harus mereka isi sesuai dengan keadaan orang tua mereka. Melalui form itu, diharapkan orang tua mereka dapat memeriksa diri ke fasker terdekat bila ada indikasi/faktor resiko.

dr. Yudith katakan, selanjutnya, sekolah-sekolah tersebut akan mengirimkan 1 orang siswa dan guru sebagai perwakilan yang akan mengikuti pemilihan duta diabetes cilik di RSU Kartini Kupang.

Peserta akan diminta untuk mempresentasikan cara mereka mengedukasikan orang tua maupun pengenalan tentang penyakit diabetes.

Sejumlah sekolah yang didatangi antara lain, SD Inpres RSS Oesapa, SD Negeri Bertingkat Naikoten, SD Negeri Oesapa Kecil 02, SD Gemit No.07 Oebufu, SD Negeri Oesapa Kecil 01.

Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa yang dikunjungi maupun guru-gurunya. "Memasuki usia yang atu ini semoga RSU Kartini terus memberi dampak positif dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat kota kupang," ungkapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved