Sampah Menghiasi Pantai Mbongawani, Ende

sampah menghiasi Pantai Mbongawani,Kelurahan Mbongawani, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende.

Sampah Menghiasi Pantai Mbongawani, Ende
Pos Kupang.com/romualdus pius
SAMPAH/Pantai Mbongawani Tampak Dihiasi Sampah, Rabu (13/11/2019). Area lampiran 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Sampah menghiasi Pantai Mbongawani,Kelurahan Mbongawani, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende.

Hal ini seperti yang terpantau Pos Kupang.Com, Rabu (13/11/2019) saat mendatangi Pantai Mbongawani di Kelurahan Mbongawani, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende.

Pantuan Pos Kupang.Com, terlihat aneka sampah tersebar di sepanjang pantai. Berbagai jenis sampah seperti kaleng-kaleng bekas minuman juga kayu dan batang pisang tampak memenuhi area pantai.
Banyaknya sampah membuat air laut tampak keruh terutama di daerah pinggir.

Lurah Mbongawani, Hasan yang dikonfirmasi mengenai keberadaan sampah di Pantai Mbongawani tidak menampik hal tersebut namun menurutnya sampah yang ada adalah sampah bawaan yang terbawa air hujan ketika hujan turun beberapa hari lalu.

Soal Wabup Ende PKPI Tunggu Parpol Pengusung

Menurut Hasan, pihak kelurahan secara rutin membersihkan sampah terutama pada hari Jumat yang merupakan Jumat bersih.

Pelaksanaan pembersihan sampah dilaklukan dengan berbagai elemen masyarakat maupun pemerhati lingkungan hidup seperti Anak Pencinta Lingkungan (Acil) dan juga Trash Hero,ujar Hasan.
Namun apabila saat ini di pesisir Pantai Mbongawani dipenuhi sampah maka hal itu sifatnya isedentil karena terbawa air hujan,ujar Hasan.

Hasan mengatakan bahwa pihaknya bukan bermaksud membela diri namun mengingat wilayah Mbongawani merupakan daerah paling rendah tentu akan menjadi sasaran sampah apabila hujan turun.

Oleh karena itu menurutnya untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi volume sampah yang ada maka diharapkan peran serta dari semua masyarakat Kota Ende untuk bersama-sama menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke drainase ketika hujan turun.

Apabila masih ada perilaku membuang sampah ke drainase masih dilakukan maka persoalan sampah tidak akan selesai dan dipastikan daerah dataran rendah seperti pantai menjadi sasaran sampah karena terbawa air hujan,ujar Hasan. *)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved