Peringati Hari Pahlawan, TNI dan Komunitas Trail Bajawa Adakan Baksos

Sejumlah prajurit TNI dari Kodim 1625/Ngada bersama anggota Komunitas Trail Bajawa melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos)

Peringati Hari Pahlawan, TNI dan Komunitas Trail Bajawa Adakan Baksos
POS KUPANG/ISTIMEWA
Suasana TNI dan Komunitas Trail Bajawa Baksos berupa pembersihan kawasan Bendungan Betowaso di Desa Bogenga, Bajawa Kabupaten Ngada, Minggu (10/11/2019). 

Peringati Hari Pahlawan, TNI dan Komunitas Trail Bajawa Adakan Baksos

POS-KUPANG.COM | BAJAWA --Sejumlah prajurit TNI dari Kodim 1625/Ngada bersama anggota Komunitas Trail Bajawa melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos).

Baksos itu berupa membersihkan lokasi Bendungan Betowaso yang terletak di Desa Bogenga, Bajawa Kabupaten Ngada, Minggu (10/11/2019).

Baksos itu juga dalam rangka memperingati hari Pahlawan dan juga Hari Kesehatan Nasional.

Kegiatan bersih-bersih di bendungan yang merupakan sumber air Bajawa dilakukan sebagai wujud kepedulian Kodim 1625/Ngada dan Komunitas Trail Bajawa terhadap Kabupaten Ngada dan lingkungannya.

Dandim 1625/Ngada Letkol Inf I Made Putra Suartawan, kegiatan bakti sosial merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kodim 1625/Ngada bersama Komunitas Trail Bajawa sambil melaksanakan kegiatan rekreasi penyaluran hobby "ngetrail" anggota komunitas tersebut yang didalamnya terdapat sebagian anggota Kodim 1625/Ngada.

"Kali ini bentuknya bersih-bersih sumber air tersebut. Inisiatif kegiatan ini muncul setelah pelaksanaan "Trabas" yg dilakukan oleh komunitas tersebut lewat tempat itu dan merasa prihatin dengan kondisi lingkungan sumber air tersebut," ungkap Letkol Suartawan.

Sementara itu, Dicky Martin Saputra Jaksa Kejaksaan Negeri Ngada yang merupakan anggota Komunitas Trail Bajawa, mengatakan, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga mata air dan melestarikan lingkungan.

Kebersihan lingkungan menjadi kebutuhan bersama, masyarakat diajak untuk ikut membersihkan sampah sehingga tidak mengotori air minum. Masyarakat harus memperhatikan kebersihan diseputaran bendungan tersebut.

"Pada saat bersih-bersih itu, Kodim 1625/Ngada dan Komunitas Trail Bajawa juga mengajak masyarakat di sekitar sana yang kebetulan sedang melaksanakan kegiatan pemanfaatan air di tempat itu untuk ikut membersihkan bendungan tersebut," ungkap Dicky.

Dicky mengatakan sambil melaksanakan kegiatan tersebut pihaknya menyampaikan pesan-pesan tentang arti penting tempat itu dan kepedulian untuk ikut menjaga tempat tersebut.

"Kegiatan bakti sosial yang rutin dilaksanakan itu menunjukkan bahwa komunitas trail khususnya Komunitas Trail Bajawa bukan komunitas yang ugal-ugalan dan bukan komunitas "sponsorship" terutama semakin dekatnya tahun 2020 yang merupakan tahun politik bagi Kabupaten Ngada," tegas Dicky.

Dicky menegakan hal tersebut murni merupakan wujud jiwa sosial komunitas itu tanpa membawa tendensi lain.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial membersihkan sumber air Bajawa, Kodim 1625/Ngada dan Komunitas Trail Bajawa berharap kepada masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan, apalagi air tersebut merupakan sumber air Kota Bajawa sehingga jika air tersebut kotor atau tercemar akan berakibat kepada warga Kota Bajawa baik langsung maupun tidak langsung.

Usai Tinjau Proyek Awololong, Komisi III Akan Panggil Konsultan Perencana

Dua Hari Ini di Perairan Wilayah Sumba, Perahu Nelayan dan Kapal Tongkang Diminta Waspada

"Adanya kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian semua pihak termasuk Pemda terhadap kondisi dan perawatan tempat tersebut karena bendungan itu merupakan aset vital Pemda Ngada khususnya untuk Kota Bajawa," ujar Dicky.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved