Marilonga Dan Bharanuri Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Dinas Sosial Kabupaten Ende mengusulkan dua pejuang asal Kabupaten Ende, Marilonga dan Bharanuri menjadi pahlawan nasional.

Marilonga Dan Bharanuri Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Marmi Kusuma 

Marilonga Dan Bharanuri Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

POS-KUPANG.COM|ENDE--Dinas Sosial Kabupaten Ende mengusulkan dua pejuang asal Kabupaten Ende, Marilonga dan Bharanuri menjadi pahlawan nasional.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Marmi Kusuma mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Senin (11/11/2019) di Ende.

Menurut Marmi, kedua sosok layak diusulkan menjadi pahlawan nasional karena mengingat aksi-aksi heroik mereka dalam mengusir penjajahan Belanda di Kabupaten Ende.

Marmi mengatakan terkait dengan usulan kedua tokoh menjadi pahlawan nasional sudah disampaikan ke Kementrian Sosial RI di Jakarta.

“Kami sudah sampaikan usulan kini tinggal keputusan dari Kementrian Sosial terkait dengan usulan tersebut. Kami siap melengkapi hal-hal terkait dengan materi usulan yang ada,” kata Marmi.

Menurut Marmi, kedua tokoh telah berjuang mengusir penjajahan dan bagaimanapun Kabupaten Ende adalah bagian dari NKRI jadi dengan demikian keduanya juga berjuang untuk tegaknya Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Pihaknya ujar Marmi akan berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk melengkapi data-data terkait dengan keberadaan kedua sosok tersebut.

Marmi mengatakan bahwa dalam cakupan lokal, Pemda Ende telah menggelar apel peringatan hari Pahlawan langsung dilakukan di tempat asal Marilonga di Kecamatan Detukeli.

"Hal itu setidaknya menunjukan apresiasi dari Pemda Ende terhadap keberadaan para pahlawan daerah itu dalam memperjuangkan kemerdekaan RI di wilayah Kabupaten Ende," ujar Marmi.

Bupati Kamelus Jadi Irup Hari Pahlawan Ke-74, Ini Pesannya

Pemda Ende Diingatkan Tidak Rekrut Honorer

Marmi berharap agar usulan yang diajukan oleh Pemda Ende dapat diterima sehingga ditetapkan kedua tokoh asal Kabupaten Ende bisa menjadi pahlawan nasional.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved