Kades yang "Bandel" Memasukan LKPJ maka Dana Desanya Ditahan Pencairan, Simak Info

Dari total 160 desa di Kabupaten Kupang, baru 31 desa yang sudah memasukkan LKPJ pengelolaan dana desa. Terhadap desa-desa lainnya ya

Kades yang
istimewa
Wabup Kupang, Jerry Manafe ketika menerima cindera mata pada Workshop "Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeuedes Versi 2.0.2 " di Kupang belum lama ini.   

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI-- Dari total 160 desa di Kabupaten Kupang, baru  31 desa yang sudah memasukkan LKPJ pengelolaan dana desa. Terhadap desa-desa lainnya yang belum memasukan, agar sadar dan memasukkan LKPJ secepatnya.

Apabila kadesnya "bandel" untuk memasukan  LKPJ dana desa maka Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang, diingatkan untuk menahan  dana desanya untuk tidak dicairkan.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kupang,  Jerry Manafe saat membuka Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeuedes Versi 2.0.2 bersama DPD-RI,BPKP, POLRI, dan DPMD Provinsi NTT di Kupang belum lama ini.

Tebe Bot Tampil Dalam Festival Fohorai di Atambua

Wabup Jerry menilai kegiatan workshop ini sangat istimewa. Pasalnya,  tidak semua desa di kabupaten mendapatkan kesempatan ini.

Ini Syaratnya agar Persib Bandung Bisa Tembus 5 Besar Usai Lawan Arema FC, Info

Dirinya berterima kasih kepada para camat dan kepala desa yang sudah melayani masyarakat di desa. Semoga pelayanan yang tulus membuahkan hasil yang baik bagi pembangunan desa.

Ditegaskannya bahwa, perhatian pemerintah kepada desa saat ini sangatlah besar. Dimana pada tahun 2019 alokasi anggaran mencapai Rp 1 miliar lebih ke desa-desa yang ada  di Kabupaten Kupang

Bahkan Presiden RI, Jokowi berpesan bahwa dana desa yang diberikan jangan lagi  dikembalikan ke kota apalagi ke Jakarta. Untuk itu, bagi kepala desa dalam memanfaatkan anggaran dan belanja harus seoptimal mungkin digunakan seluruh sumber daya di desa baik SDA maupun SDM yang tersedia.

"Dari 160 desa di Kabupaten Kupang, baru 31 desa yang sudah memasukkan LKPJ dana desa. Saya berharap agar selain dari 31 desa yang sudah memasukan agar sadar dan segera masukan," pinta Jerry.

Ditegaskannya bahwa bagi desa- desa yang tidak memasukkan LKPJ, kepada Kadis PMD Kabupaten Kupang diingatkan untuk menahan pencairan dana desa tahap berikutnya.

Dirinya mengakui bahwa tantangan pengelolaan desa cukup besar seperti kurangnya sumber daya aparatur desa, lemahnya pemahaman sistem pengelola keuangan desa.

Kondisi ini mendorong pemerintah melalui Kemendagri dan BPKP membuat aplikasi Siskeudes  untuk membantu pengelolaan keuangan desa mulai dari  tahapan perencanaan sampai pelaporan dan pertanggungjawaban.(*)

 

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved