Wakil Bupati Sigi Terpikat Dengan Tenun Ikat Sumba Timur

Pejabat Wakil Bupati Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah, Paulina terpikat dengan motif tenun ikat Sumba Timur

Wakil Bupati Sigi Terpikat Dengan Tenun Ikat Sumba Timur
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Tarian Manandang Paori yang dipertunjukan oleh para pelajar pada sidang Raya PGI Ke-XVII 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pejabat Wakil Bupati Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah, Paulina terpikat dengan motif tenun ikat Sumba Timur. Paulina terpikat dan kagum dengan tenun ikat Sumba Timur karena memiliki motif-motif yang sangat bagus.

"Tenunanya sangat indah, bagus dan menarik, ya"ungkap Wabup Paulina usai menghadiri Pembukaan Sidang Raya PGI ke-XVII yang berlangsung di Puru Kambera, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (8/11/2019) sore.

Selain tenun ikatnya, menurut Paulina alam dan budaya Sumba Sangat indah dan menarik.

Tanda Kehormatan Sumba, Menkumham Yasonna Laoly Diberi Gelar Umbu, Jokowi Kuda Putih

" sangat menarik dan sangat luar biasa, walaupun alamnya cukup gersang, tapi gersangnya memberikan nilai tersendiri. Saya juga baru hari ini datang ke Sumba, saya sangat terkesan,"ungkap Paulina.

Tarian Manandang Paori yang dipertunjukan oleh para pelajar pada sidang Raya PGI Ke-XVII
Tarian Manandang Paori yang dipertunjukan oleh para pelajar pada sidang Raya PGI Ke-XVII (POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO)

Paulina juga mengatakan, terkait acara pembukaan sidang raya tersebut juga meskipun secara tradisional, sangat menarik dan sangat luar biasa.

Ketua Umum panitia Sidang Raya PGI Ke-XVII, Umbu Marisi, kepada POS-KUPANG.COM mengatakan, tarian-tarian yang dipersembahkan dalam acara pembukaan itu yakni tarian Ninggu Harama, tarian petik kopi, tarian Kataga, dan tarian Manandang Paori. Untuk tarian Kataga merupakan tarian tarian budaya Sumba Tengah.

Sambangi KPU NTT, Aktivis PMKRI Pertanyakan Dugaan Suap KPU Manggarai Barat

Sementara itu pantauan POS-KUPANG.COM dalam acara pembukaan sidang raya itu dipertunjukan sejumlah teater dan juga pertunjukan berupa tarian Manandang Paori Sumba Timur yang dipertunjukan oleh 300 pelajar, dan tarian kataga asal Sumba Tengah yang dipertunjukan oleh 300 pelajar.

Khusus untuk tarian Mandandang Paori ini, tanpak para pelajar perompuan membaluti tubuh mereka dengan kain tenun ikat Sumba Timur dengan berbagai macam motif yang memiliki simbol budaya orang Sumba Timur.

Selain itu, juga ada parade kuda dan sejumlah acara lainya kemudian diakhiri pemberian tali asih seekor Kuda Puti jantan dari GKS untuk Presiden Jokowi yang diterima oleh Menteri Yasonna. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved