Ini Pesan Bupati Don Saat Hadiri Acara Penutupan Festival Pangan Lokal di Paroki YKI Aeramo

sumber daya lokal guna meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mempercepat ragaman konsumsi pangan berbasis

Ini Pesan Bupati Don Saat Hadiri Acara Penutupan Festival Pangan Lokal di Paroki YKI Aeramo
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana acara penutupan kegiatan Festival Pangan Lokal di Paroki YKI Aeramo Nagekeo, Rabu (6/11/2019). 

Ini Pesan Bupati Don Saat Hadiri Acara Penutupan Festival Pangan Lokal di Paroki YKI Aeramo

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Pastor Paroki Yesus Kerahiman Ilahi (YKI) Aeramo, RP.Yasianus Fridus, OFM, menyampaikan, pangan lokal merupakan makanan paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang.

Sampai saat ini pola konsumsi pangan masyarakat masih belum memenuhi kaidah gizi seimbang konsumsi sayur dan buah masih rendah begitu pula kualitas konsumsi protein karena sebagian besar berasal dari protein nabati serta masih tingginya konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi.

"Untuk memperingati Hari Pangan Sedunia ( HPS) yang kami lakukan di Paroki YKI Aeramo pada tahun 2019 ini merupakan keprihatinan global akan krisis pangan yang di landakan oleh dunia," ungkap Pater Fridus, saat acara penutupan Festival Pangan Lokal yang diselenggarakan oleh Paroki YKI Aeramo, Rabu (6/11/2019).

Pater Fridus mengatakan Kabupaten Nagekeo adalah salah satu daerah yang kaya akan sumber alam termasuk sumber pangan yang tersebar di seluruh Kecamatan berbagai jenis sumber pangan yang ada antara lain padi-padian, umbi-umbian atau disebut sumber karbohidrat pangan lokal juga ada sumber protein baik hewani maupun nabati dan vitamin dan mineral.

"Sayuran dan buah ini sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan pangan sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan mengkonsumsi makanan sehari-hari yang beraneka ragam lengkapi oleh zat gizi jenis makanan yang lainnya sehingga diperoleh masukan zat gizi yang seimbang untuk keluarga," ungkap Pater Fridus.

Pater Fridus dalam arahannya menyampaikan, sumber daya manusia yang berkualitas yaitu memiliki fisik yang tangguh mental yang kuat kesehatan yang prima serta cerdas bukti empiris kesehatan yang prima serta cerdas, bahwa kualitas sumber daya manusia sangat ditentukan oleh gizi yang baik.

"Paroki YKI Aeramo mengadakan kegiatan festival pangan lokal beragam bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal guna meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mempercepat ragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal," jelasnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut sembari memohon maaf jika ada kekurangan.

Sementara itu, Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosko Do, memberikan apresiasi melalui Pastor Paroki dan DPP serta semua masyarakat yang turut ambil bagian dalam kegiatan festival pangan lokal tersebut.

Ia menyampaikan berterima kasih karena hampir semua stand kuliner menggunakan wadah anyaman lokal dalam menyajikan kuliner.

Ia berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi dan ditingkatkan kedepannya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, acara penutup di hibur oleh peserta-peserta tarian dan YKI Idol serta Live Band, Tarian Sagu Alu dari SDI Ratedosa.

Acarapun berlangsung meriah. Semua tamu undangan tampak menikmati suasana malam itu.

Kotagoa Expo 2019 Pamerkan Produk Olahan dari Sampah

Peringati Hari Pahlawan Nasional 2019, HIPMI NTT Ajak Masyarakat Kota Kupang Ikut Fun Walk

Hadir saat itu, Bupati Don bersama ibu dr. Yayik, wakil bupati Marianus Waja, sekda Nagekeo Lukas Mere, sejumlah pimpinan OPD, Pastor Paroki Aeramo, serta ratusan tamu undangan lainnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved