News

Wakil Bupati Kupang Temukan Banyak Kejanggalan, Pekerjaan Puskesmas Pariti 'Dipaksakan' Tuntas

Dalam sidak itu, Wabup Jerry menemukan banyak kejanggalan dari fisik maupun fasilitas pendukung pada puskesmas yang baru selesai pengerjaannya setahun

Wakil Bupati Kupang Temukan Banyak Kejanggalan, Pekerjaan Puskesmas Pariti 'Dipaksakan' Tuntas
ISTIMEWA
Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe

 Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Edi Hayong

POS KUPANG, COM, OELAMASI - Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Pariti, Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Senin (4/11/2019).

Dalam sidak itu, Wabup Jerry menemukan banyak kejanggalan dari fisik maupun fasilitas pendukung pada puskesmas yang baru selesai pengerjaannya setahun ini.

Tiba di Puskesmas Pariti, Wabup Jerry yang didampingi Kasat Pol PP, anggota Polsek Sulamu, Babinsa dan aparat Desa Pariti,
langsung memeriksa satu per satu ruangan dan fasilitas di puskesmas setempat.

Wabup Jerry menemukan perlengkapan di puskesmas itu masih jauh dari sempurna padahal baru selesai dikerjakan setahun lalu.

Kesannya, pekerjaan fisik diduga 'dipaksakan' untuk selesai dan segera beroperasi, walaupun kondisi gedung dan perlengkapan masih jauh dari harapan.

Wabup juga menemukan lampu di setiap ruangan belum semuanya berfungsi. Hanya dua mata lampu yang berfungsi, terutama di ruang tindakan. Bahkan apesnya lagi, ruang tindakan dibiarkan terbuka tidak dipasang kain pembatas antar tempat tidur. Kabel instalasi listrik dibiarkan bergantungan, air bersih pun tidak ada walau ada bak penampung.

Wabup Jerry menyatakan kekesalannya setelah melihat tinggi fondasi puskesmas berada di bawah jalan raya. "Sangat riskan bila hujan. Air akan mengalir ke dalam gedung. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) juga tidak berfungsi," Jerry kesal.

Wabup Jerry menanyakan soal kondisi yang ada kepada Koordinator Puskesmas Pariti, Ina Ristiyanti, namun tidak memberi penjelasan secara lengkap soal IPAL, air limbah medis terbuang di samping timur gedung.

"Pembangunan Puskesmas Pariti ini diduga belum tuntas 100 persen, masih terdapat pekerjaan yang belum selesai namun sudah ada peresmian dan serah terima gedung. Saya akan segera minta klarifikasi dari Kepala Dinas Kesehatan dan PPK terkait pembayaran pekerjaan gedung itu. Apakah sudah terbayar semua atau belum. Jika sudah terbayar 100 persen dengan kondisi gedung seperti itu, maka ada hal yang tidak benar," tegas Wabup Jerry.

Wabup Jerry berharap kondisi ini segera diperbaiki dalam masa pemeliharaan hingga akhir November 2019. Pasalnya, gedung Puskesmas Pariti dan beberapa lagi yang lain, dari hasil pemantauan, diduga bermasalah. *

Penulis: Edy Hayong
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved