Loka POM Ende Bentuk Kader Pengawasan Obat

Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) di Kabupaten Ende melatih kader obat dan makanan aman (Kak OMAN) untuk meningkatkan pengawasan obat dan mak

Loka POM Ende Bentuk Kader Pengawasan Obat
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
KADER/Loka POM Ende Bentuk Kader Pengawasan Obat 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE--- Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) di Kabupaten Ende melatih kader obat dan makanan aman (Kak OMAN) untuk meningkatkan pengawasan obat dan makanan di wilayah kerjanya. Kak Oman adalah kader yang berasal dari komunitas kecamatan yang dipimpin oleh Camat dengan anggota dari berbagai ASN, TNI, Polisi dan Tim penggerak PKK di kecamatan.

Kepala Loka POM Ende, Tamran Ismail mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Selasa (5/11/2019) di Ende.
Tamran mengatakan bahwa Kak OMAN akan dibentuk pada semua kecamatan diwilayah kerja Loka POM di Kabupaten Ende yaitu kabupaten Ende, Nagekeo dan Ngada.

“Untuk jangka pendek telah terbentuk Kak OMAN di 4 kecamatan di Kabupaten Ende yaitu Kecamatan Ende, Wolowaru, Nangapanda dan Ende Utara. Kecamatan lain akan dibentuk pada waktu mendatang,”kata Tamran.

Dikatakan semua Kak Oman akan dibekali dengan pengetahuan tentang produk obat dan makanan aman dan teknik melakukan pengawasan. Setelah itu akan melakukan pengawasan pada sarana distribusi obat dan makanan yang didampingi oleh petugas Loka POM di Kabupaten Ende.

Diharapkan kedepannya Kak Oman akan melakukan pengawasan secara mandiri untuk melakukan skrining awal peredaran produk obat dan makanan di wilayahnya masing-masing, jika ditemukan produk tidak aman seperti kedaluarsa, rusak dan ilegal yang signifikan, kak Oman akan melaporkan ke Loka POM di Kabupaten Ende untuk ditindaklanjuti.

Tamran mengatakan sinergisme dan kolaborasi dengan komunitas kecamatan ini sebagai implementasi dari INPRES No. 3 tahun 2017 tenang peningkatan efektifitas pengawasan obat dan makanan dan Permendagri No. 41 tahun 2018 tentang Tim koordinasi pembinaan dan pengawasan obat dan makanan di daerah.

“Tujuan tujuan akhir adalah memberikan jaminan kepada masayarakat untuk mengonsumsi obat dan makanan yang aman, bermutu dan bermanfaat. Dengan demikian visi Badan POM “Obat dan Makanan Aman , Meningkatkan Kesehatan Masyarakat dan Daya Saing Bangsa”, dapat terealisasi dengan cepat,”kata Tamran.

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved