Dinkes Ende Siapkan Dana Rp 2,6 Miliar Untuk Jampersal,

Dinas Kesehatan (Dinkes) Ende menyiapkan dana sebesar Rp 2,6 Miliar untuk tunjangan jaminan persalinan (Jampersal) bagi para bidan yang tersebar di 24

Dinkes Ende Siapkan Dana Rp 2,6 Miliar Untuk Jampersal,
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Vitalis Kako

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Dinas Kesehatan (Dinkes) Ende menyiapkan dana sebesar Rp 2,6 Miliar untuk tunjangan jaminan persalinan (Jampersal) bagi para bidan yang tersebar di 24 Puskesmas yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Ende pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Ende, dr. Munafatma mengatakan hal itu melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Vitalis Kako, Jumat (1/11/2019) di Ende.

Vitalis mengatakan bahwa semenjak tahun 2017 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ende telah mengalokasikan dana untuk Jampersal bagi para bidan yang ada di 24 Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Ende.

“Dana Jampersal diberikan kepada semua bidan baik bidan yang berstatus PNS maupun yang masih tenaga kontrak,”kata Vitalis.

Jampersal Sesuai dengan Juknis dan Tidak Ada Masalah

Dikatakan pemberikan dana Jampersal dilakukan kepada semua Puskesmas namun tidak merata tergantung dari jumlah rata-rata persalinan setiap tahun dan juga jumlah penduduk serta luas wilayah.

“Pemberian dana dilakukan secara gelondongan yang artinya tiap Puskesmas tidak sama besarannya. Untuk tahun ini yang paling besar menerima dana Jampersal adalah Puskesmas Welamosa di Kecamatan Wewaria dan yang paling kecil Puskesmas Ndori,”kata Vitalis.

Ini Dampak Positif Pertahanan Persib Bandung dan Tanggapan Pemain Belakng Nick Kuipers,Info

Dikatakan untuk tahun 2019 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Ende mengalokasikan dana sebesar Rp 1,7 Miliar sedangkan di tahun 2018 dialokasikan sebesar Rp 1,8 Miliar.
Dengan adanya dana Jampersal maka diharapkan pelayanan kepada ibu bersalin semakin baik,ujar Vitalis. (rom)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved