Breaking News:

Satgas Pamtas Perkenalkan Patok Batas Negara kepada Siswa-siswi

Aparat Satgas Pamtas RI-RDTL perkenalkan patok batas negara kepada siswa-siswi

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Personel Pos Fatubesi Atas mengajak para siswa untuk berpatroli bersama satgas sekaligus memperkenalkan serta memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai Pilar Batas Negara (PBN) RI-RDTL, Selasa (29/10/2019). 

Aparat Satgas Pamtas RI-RDTL perkenalkan patok batas negara kepada siswa-siswi

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Menjaga patok batas negara merupakan tugas pokok TNI yang bertugas sebagai Satgas Pamtas. Akan tetapi letak batas wilayah perbatasan negara sesuatu yang diperlu diketahui warganya.

Dasar pemikiran demikian sehingga personel Pos Fatubesi Atas mengajak para siswa untuk berpatroli bersama satgas sekaligus memperkenalkan serta memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai Pilar Batas Negara (PBN) RI-RDTL.

Dansatgas Silaturahmi dengan Uskup Atambua, Ini yang Dibicarakan

Personil Pos Fatubesi dan para siswa melakukan patroli ke garis batas negara tepatnya di Dusun Lookeu, Desa Takirin, Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu-NTT, Selasa (29/10/2019).

Para siswa yang terlibat dalam patroli adalah dari SD Inpres Fatubesi, SMPN 1 Tasifeto Timur dan SMAN 1 Tasifeto Timur. Keikutsertaan para siswa ini setelah mendapat izin dari kepala sekolah masing-masing yang dikoordinasi langsung Danpos Fatubesi Atas, Sertu Angga Sastra.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua, (29/10/2019).

Jamu PSIS Semarang, Persib Bandung Bisa Kembali Main di Kandang Stadion Si Jalak Harupat, Info

Diungkapkan Dansatgas, selain melaksanakan tugas pokok menjaga perbatasan antara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), satgas juga mencoba mengenalkan karakteristik dan posisi Pilar Batas Negara (PBN) kepada generasi muda penerus Bangsa karena rakyat sebagai kekuatan utama pertahanan Negara dalam mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Pengenalan patok batas negara ini dipandang penting untuk diketahui para pelajar sebagai generasi bangsa. Dengan patroli seperti ini, mereka akan mengenal dan mengetahui sejarah perjanjian-perjanjian yang telah disepakati kedua Negara.

Kegiatan ini dipimpin Wadanpos Fatubesi Atas, Serda Ryan Nur yang mana sesuai dengan SOP personel patroli patok berjumlah tujuh orang.

Sebelun patroli, para siswa terdahulu mendapat arahan dari personil satgas tentang hal-hal teknis yang perlu diketahui selama kegiatan patroli.

Usai arahan, personil Pos Fatubesi Atas bersama anak-anak sekolah menuju tapal batas. Anak-anak antusias mengikuti kegiatan tersebut sambil membawa bendera Merah Putih.

Dansatgas menambahkan, patroli patok rutin dilaksanakan personil Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ sehingga personil dapat mengetahui perkembagan di wilayah perbatasan. Apalagi, akhir-akhir gencarnya pemberitaaan di media cetak dan elektronik terkait ini hilangnya beberapa Pilar Batas Negara (PBN) di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Perlu diketahui bahwa patok batas negara yang hilang itu bukan karena tindakan manusia tetapi hilang akibat terhanyut banjir

Peserta patroli Roy (16), siswa kelas XI SMAN 1 Tasifeto Timur mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas yang telah mengajak mereka patroli. Lewat kegiatan itu mereka memahami batas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI, dengan kegiatan seperti ini kami dapat memahami wilayah batas Negara kita sehingga kami bisa menceritakan kepada teman-teman kami yang lainnya di sekolah", kata Roy.

Hendrikus Loi (45) selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Tasifeto Timur yang mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh generasi muda penerus Bangsa. Kegiatan ini menambah wawasan bagi anak-anak sekolah tentang perbatasan negara. Sebagai siswa yang ada di perbatasan negara mereka mesti lebih tahu tentang perbatasan. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved