Breaking News:

Bupati Sumba Barat Daya Minta Kepala Desa Jaga Keamanan Lokasi Wisata

Pejabat Bupati Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete meminta para Kepala Desa jaga keamanan lokasi wisata

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Bupati Sumba Barat Daya , dr.Kornelius Kodi Mete 

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA - Pejabat Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete meminta para Kepala Desa jaga keamanan lokasi wisata sehingga wisatawan nyaman berwisata.

Karena itu kepala desa harus membangun komunikasi baik dengan tokoh masyarakat kampung adat dan para pemuda untuk menjaga keamanan disetiap lokasi wisata. Lokasi wisata tersebut seperti kampung adat, air terjun dan wisata pantai.

Sebab faktor keamanan merupakan hal sangat penting mendukung keberhasilan pembangunan wisata di daerah ini.

25 Kepala Sekolah di Kupang Ikut Bimtek Re-Akreditasi SD/MI dan SMP/MTS

Bupati Kabupaten Sumba Barat, dr.Kornelius Kodi Mete menyampaikan hal itu di Tambolaka, Selasa (29/10/2019) ketika menjawab pertanyaan tentang masih adanya keluhan wisatawan terkait keamanan berkunjung di lokasi wisata Sumba Barat Daya.

Menurutnya, pembangunan pariwisata merupakan salah satu program dari tujuh program kerja bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumba Barat Daya periode 2019-2024, dr.Kornelius Kodi Mete-Marthen Christian Taka,S.IP yang dikenal dengan sebutan 7 jembatan emas menuju Sumba Barat Daya sejahtera.

Fraksi Partai PKB DPRD NTT Soroti Dunia Pendidikan NTT

Menurutnya, ke depan, pemerintah daerah akan bekerjasama dengan semua pemerintah desa yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Untuk itu kepala desa bersama para pihak terkait di desa untuk menata lokasi obyek wisata agar menarik dikunjungi wisatawan.

Potensi obyek wisata Sumba Barat Daya cukup besar yakni wisata pantai yang membentang luas mulai Pantai Mananga Aba hingga pantai Ratenggari di Kodi Bangedo, wisata alam dan wisata budaya.

Semua potensi wisata itu, demikian Bupati Kodi Mete, akan ditata sebaik-baiknya demi menarik minat wisatawan sebanyak mungkin berkunjung ke Sumba Barat Daya. Salah faktor yang perlu mendapat perhatian pemerintah adalah pemerintah harus menjamin keamanan di lokasi wisata.

Saat ini, pemerintah sedang berupaya keras.menata semua obyek wisata terutama membangun akses jalan raya menuju obyek wisata juga memberi perhatian serius dibidang keamanan. Disisi lain pemerintah juga bekerja keras memberdayakan masyarakat lokal agar memanfaatkan pangsa pasar wisata dengan menyediakan produk kerajinan tangan seperti sofenir, hasil tenun kain sumba dan lain-lain.

Ia optimis bila pariwisata daerah ini meningkat maka tingkat kesejahteraan rakyat meningkat pula. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved