Kelompok Perempuan di Manusak Kabupaten Kupang Ramai-ramai Pelihara Ikan Lele Jumbo

Kelompok Perempuan di Desa Manusak Kabupaten Kupang ramai-ramai pelihara ikan lele jumbo

Kelompok Perempuan di Manusak Kabupaten Kupang Ramai-ramai Pelihara Ikan Lele Jumbo
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Kepala Desa Manusak, Arthur Ximenes ketika menyerahkan secara simbolis benih ikan lele jumbo ke perwakilan kelompok. 

Kelompok Perempuan di Desa Manusak Kabupaten Kupang ramai-ramai pelihara ikan lele jumbo

POS KUPANG.COM | OELAMASI - Kelompok perempuan di Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang saat ini mendapatkan pemberdayaan dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Melalui pemerintah Desa Manusak, kelompok perempuan menggunakan dana desa dalam mengembangkan ikan lele jumbo. Dana desa yang teralokasikan senilai Rp 50 juta.

BREAKING NEWS: Pengaruh Alkohol, Fredik Tega Potong Leher Tetangganya Agustinus

Kepala Desa Manusak, Arthur Ximenes, Senin (28/10/2019) mengatakan, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober lalu dimana dirinya menyerahkan secara simbolis 7.500 benih ikan lele jumbo jenis super kepada 10 kelompok perempuan di desa itu.

Dirinya mengatakan, kegiatan pemberdayaan yang mengikutsertakan seluruh potensi kaum perempuan Desa Manusak itu juga sebagai bentuk dukungan nyata kepada program Revolusi 5P Pemerintah Kabupaten Kupang.

Bupati Sumba Timur Harap Pemuda Manfaatkan Kemajuan Teknologi Demi Buka Usaha

Menurut Ximenes, alokasi Dana Desa untuk pemberdayaan kaum perempuan di desa itu menjadi kegiatan prioritas karena mudah dilaksanakan dan menguntungkan secara ekonomis.

Senada dengan kepala desa, Ketua Kelompok II Usaha ikan lele jumbo Desa Manusak, Rotelda
mengatakan, sekalipun, baru pertama kali dirinya bergelut dalan usaha pelihara ikan lele, ia dan seluruh anggota kelompok II sangat yakin akan menuai keberhasilan. Untuk tahap awal, pihaknya, hanya memelihara sebanyak 500 ekor benih ikan lele jumbo dengan pola kolam dari terpal.

Terpisah, Nedy, penyedia benih ikan lele Jumbo Bakunase Kota Kupang, membenarkan, jenis ikan lele jumbo yang dipelihara 10 kelompok perempuan Desa Manusak itu dari jenis lele jumbo super.

Jenis lele ini, ungkap dia, sangat mudah dipelihara dan bersahabat dengan kondisi alam di Desa Manusak. Apalagi angka mortalitas hanya 10 persen saja. Nilai pasaran ikan lele jumbo super ini ungkap dia cukup tinggi yakni, Rp 40.000 per kilo dengan waktu panen hanya 3 bulan saja. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved