Rakor Upsus Pajale, Bupati Manggarai Barat: Sasaran ke Depan Petani Milenial

Dari rakor UPSUS Pajale, Bupati Manggarai Barat: sasaran ke depan petani milenial

Rakor Upsus Pajale, Bupati Manggarai Barat: Sasaran ke Depan Petani Milenial
POS-KUPANG.COM/Servatinus Mammilianus
Pembukaan Rakor Upsuspajale di Labuan Bajo, Manggarai Barat 

Dari rakor UPSUS Pajale, Bupati Manggarai Barat: sasaran ke depan petani milenial

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Rapat Koordinasi ( rakor) Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai ( Upsuspajale) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dibuka tadi malam di Hotel Bintang Flores Labuan Bajo.

Bupati Mabar Agustinus Ch Dula, saat membuka Rakor itu menyampaikan bahwa program tersebut telah memberi banyak dampak positif dalam menjaga produksi pangan. Selain itu telah membuat beras surplus di daerah itu.

BREAKING NEWS: ASN di Maumere Kalangkabut Tinggalkan Kendaraan Dinas yang Ditilang

"Ke depan program Upsus, titik sasarannya adalah petani milenial. Oleh karena itu, sedini mungkin mengajak anak muda kita yang masih produktif untuk dibekali sesuai minat dan potensi dan juga difasilitasi pembiayaan usahanya sehingga lahirlah wirausaha baru," kata Agustinus.

Dia juga meminta Dinas Pertanian dan para penyuluh pertanian di daerah itu agar dalam perhatian terhadap Sawah Lembor tidak hanya memperhatikan kondisi di hulu tetapi juga hilir.

Jagung Titi dan Kopi Bana Lembata Dipamerkan di Australia

"Coba Dinas Pertanian perhatikan betul Lembor itu. Coba selokan air itu jangan perhatikan saja di hulunya. Di Sawah Lembor itu saluran di hilir sering tidak ada air karena selokan tidak berfungsi dengan baik," kata Agustinus.

Dia menyampaikan bahwa hampir setiap tahun selalu ada anggaran dari Kementerian Pertanian untuk perbaikan saluran irigasi.

"Dana habis, perbaik terus di hulu. Coba PPL dan Dinas Pertanian secara seksama bersama petani memperhatikan saluran irigasi di hilir," kata Agustinus.

Rapat saat itu dihadiri oleh unsur TNI, Dinas Pertanian Provinsi NTT, perwakilan Kementerian Pertanian dan komponen terkait lainnya. (Laporan reporter pos-kupang.com, servatinus mammilianus)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved