45 Tim SMA Bersaing di Unipa Science Competition 2019

Sebanyak 45 tim SMA bersaing di Unipa Science Competition 2019 di Kota Maumere, Sikka

POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Utusan dari 20 SMA di daratan Flores dan Lembata tampil dalam Science Competition 2019, Jumat (25/10/2019) di Aula Nawacita Unipa Maumere, Pulau Flores. 

Sebanyak 45 tim SMA bersaing di Unipa Science Competition 2019 di Kota Maumere, Sikka

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Utusan siswa/i dari 20 sekolah di Pulau Flores dan Lembata terlibat dalam Unipa Science Competition (USC) 2019 yang dimulai Jumat-Sabtu (25-26/10/2019) di Kampus Unipa, Kota Maumere, Pulau Flores.

Babak penyisihan pertama dan kedua, para peserta mengerjakan soal- soal menggunakan smartphone. Peserta yang lolos babak penyisihan kedua mengikuti kompetisi semifinal dan lima tim memperoleh nilai tertinggi berhak masuk ke final cerdas cemat dilaksanakan Sabtu (26/10/2019).

Program Jaga Desa, Kejari Sumba Timur Monitoring Pengelolaan Dana Desa di 63 Desa

Ketua penyelenggara USC, Yohanes Sudarmo Dua, S.Pd,Mphys, menjelaskan peserta dari 20 sekolah tersebar pada 45 tim atau 110 peserta.Tuan rumah Sikka mengutus 14 sekolah, sisanya dari Ende, Nagekeo, Lembata dan Flores Timur.

Kompetisi ini, demikian Yohanes menyiapkan dan membekali peserta didik mengarungi revolusi industri 4.0. Salah satu cirinya adalah digitaliasi yang masif.

"Kami mencoba mengenalkan kepada peserta didik mengerjakan soal berbasis smartphone pada babak penyisihan satu dan dua. Sebelumnya, kami menerima pendafataran dari empat sekolah secara online," ujar Yohanes.

Wabup Nagekeo Serahkan Bantuan Ini Kepada Masyarakat Sawu di Nagekeo

Yohanes mengharapkan kompetisi ini menciptakan atmosfer akademik dan semangat kompetisi yang sehat antarpeserta didik dan sekolah-sekolah di daratan Flores dan Lembata. Harapan lainnya, lebih mengenalkan kepada peserta didik dan masyarakat di Flores dan Lembata keberadaan program pendidikan di FKIP Unipa Maumere.

Rektor Unipa, Dr. Ir.Angelinus Vincentius, M.Si, mengatakan Unipa menyadari pentingnya literasi sains menyelenggarakan Science Competition 2019.

"Namanya kompetisi ada yang menang dan kalah. Pesan saya seluruh proses dilaksanakan secara jujur, transparan, profesional dan bermartabat," ujar Angelinus .

Pembukaan kompetisi dihadiri Wakil Rektor I, Dr.Gery Gobang,S,.Fil, MA,dan civitas akademika Unipa. (laporan reporter pos-kupang.com, eginius mo'a).

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved