Peringati Hari Pangan Sedunia, Fakultas Pertanian Unimor Gelar Aneka Kegiatan

Peringati Hari Pangan Sedunia, Fakultas Pertanian Unimor Gelar Aneka Kegiatan

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para tamu undangan dan peserta lomba saat mengikuti acara pembukaan di gedung serba guna Unimor, Kamis (24/10/2019) 

Peringati Hari Pangan Sedunia, Fakultas Pertanian Unimor Gelar Aneka Kegiatan

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Dalam rangka memperingti Hari Pangan Sedunia (word food day), Fakultas Pertanian Universitas Timor ( Unimor) kembali menggelar aneka kegiatan.

Aneka kegiatan tersebut diantaranya lomba cipta menu, lomba literasi pangan, dan pameran produk intelektual kampus.

Beberapa kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut di ruang serba guna Unimor pada Kamis dan Jumat (24-25/10/2019).

Dinas P2PA NTT Dorong OPD Harus Responsif Gender Lewat Forum PPRG

Terpantau, kegiatan tersebut melibatkan seluruh mahasiswa di fakultas pertanian Unimor, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten TTU, Yayasan Mitra Tani Mandiri dan kelompok tani binaan.

Ketua Panitia Kegiatan Yakobus Agu, S.Pd.,M.Sc mengatakan hal itu kepada Pos Kupang usai kegiatan pembukaan pembukaan hari pangan sedunia.

Yakobus mengatakan, peserta lomba cipta menu dalam kegiatan itu yakni berasal dari kelompok tani binaan dari Yayasan Tani Mandiri dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten TTU.

Model Kemitraan Sibat di Sikka Lihat di Desa Hepang

"Kalau lomba literasi melibatkan pelajar tingkat SMA dan SMK se Kabupaten TTU. Kalau pameran itu dari mahasiswa fakultas pertanian," terangnya.

Yakobus mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut yakni untuk menumbuhkan budaya cinta pangan bagi generasi muda. Selain itu, nantinya kegiatan itu berujung pada menciptakan brand produk pangan lokal sendiri.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unimor Dr. Werenfridus Taena, SP. M.Si mengharapkan, agar kegiatan perlombaan dapat menghasilkan pangan lokal yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi.

"Jadi bukan hanya nilai ekonomi tetapi harus menghasilkan brand sendiri. Supaya ketika orang datang ke sini mereka langsung mencari pangan lokla yang sudah memiliki brand," ujarnya.

Untuk mahasiswa, kata Werenfridus, dirinya berharap agar bisa menghasilkan produk pangan hasil dari inovasi-inovasi yang mereka lakukan sendiri.

"Sehingga ketika lulus nanti dapat bekerja sendiri tanpa harus mencari pekerjaan karena mereka sudah bisa berinovasi produk pangan lokal sendiri," ujarnya.

Menurut Werenfridus, kehadiran Unimor sebagai sebuah lembaga pendidikan dengan aneka kegiatan, menunjukkan bahwa Unimor tidak hanya konsen pada akademk saja, namun juga konsen terhadap pengabdian masyarakat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved