Model Kemitraan Sibat di Sikka Lihat di Desa Hepang

Model Kemitraan Sibat di Kabupaten Sikka kini bisa dilihat di Desa Hepang

POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Wakil Ketua PMI Cabang Sikka, Geby Ola 

Model Kemitraan Sibat di Kabupaten Sikka kini bisa dilihat di Desa Hepang

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Desa Hepang di Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, dapat dijadikan model sinergi Sukarelawan PMI Siaga Bencana Berbasis Masyarakat ( Sibat). Pemerintah desa mengalokasikan dana desa untuk mendukung aktivias Sibat di desa itu.

"Sibat tidak punya apa-apa yang ada hendak semangat dan kepedulian membawa nilai-nilai PMI. Pemerintah desa alokasikan dana untuk dukung kegiatan Sibat," kata Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sikka, Geby Ola, kepada pos-kupang.com, Kamis (24/10/2019) di Maumere.

Kasus Bocah Digilas Loader di Malaka, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

Pesisir wilayah Desa Hepang, kata Geby, setiap tahun menjadi langganan abrasi. Langkah yang ditempuh oleh Desa Hepang bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di Sikka pengembangan Sibat memberikan bantuan kemanusiaan.

Hari Kamis, 30 personil Sibat melakukan Temu Sibat di Markas PMI Jalan Wairklau Maumere. Forum ini membangun soliditas dan membentuk Forum Sibat.

Jaksa Agung ST Burhanuddin Minta Pemilihan Dirinya Oleh Jokowi Jangan Dikaitkan dengan PDIP

"Jika terjadi bencana, kita galang kekuatan dan kebersamaan bantu masyarakat. Semua peserta ikuti pembekalan dari awal sampai selesaio untuk jdi bekal tugas kemanusiaan membantu masyarakat yang mengalami bencana," kata Geby Ola.

Kehadiran Sibat di desa-desa, kata Geby Ola menjadi sumberdaya pertama bilamana terjadi bencana. Sibat hadir pertama di desa memberi bantuan.

"Orang pertama yang hadir ketika terjadi bencana Sibat. Pada saat bencana dia harus buat apa, sesudahnya lakukan koordinasi dengan PMI di kabupaten dan stakeholder lain," ujar Geby Ola. (laporan reporter pos-kupang.com, eginius mo'a).

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved