Ingin Majukan Desa Bulan Eduardus Selalu Memotivasi Masyarakat

Lelaki yang sehari-sehari menjabat Kepala Desa (Kades) Bulan, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai

Ingin Majukan Desa Bulan Eduardus Selalu Memotivasi Masyarakat
POS KUPANG/ISTIMEWA
Eduardus Senudin

Ingin Majukan Desa Bulan Eduardus Selalu Memotivasi Masyarakat

POS-KUPANG.COM|RUTENG -- NAMANYA Eduardus Senudin. Lelaki yang sehari-sehari menjabat Kepala Desa (Kades) Bulan, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, ini punya kepemimpinan yang luar biasa.

Sosoknya juga patut diteladani karena mampu membawa kemajuan pada desa ini. Tak hanya membangun secara fisik, Eduardus juga membangun karakter masyarakat.

Di bidang fisik, ada beberapa kesuksesan yang ia lakukan, di antaranya pembangunan bendungan, pembangunan jalan lapen, pembangunan jalan telfor, pembukaan jalan baru lintas luar Desa Bulan, perjuangan status Pustu Anam menjadi Puskesmas serta pemekaran Dusun Bung menjadi desa persiapan.

Selain itu, Eduardus, kelahiran Desa Bulan, 12 April 1973 ini  membangun Irigasi Lagur, bakti gotong-royong pembukaan jalan baru, bantuan material perumahan layak huni, memberi makanan tambahan bagi balita, merayakan HUT Desa Bulan tiap tahun sebagai pesta rakyat yang berdampak secara ekonomis bagi masyarakat dan masih banyak aktivitas lain.

"Jika kita positif dalam perjuangan akan melahirkan perubahan dengan cara beradab bukan dengan cara biadab." Kata-kata ini merupakan moto yang selalu ia pegang di dalam kepemimpinannya.

Eduardus menunjukkan progress kepemimpinan itu. Sebagai "pamong" yang mengayomi, ia selalu berusaha untuk hadir dalam setiap kesempatan di desa maupun di desa lainnya.

Pola relasi yang dibangun pun tanpa mengenal usia dan status sosial. Ia tak ingin membeda-bedakan dalam pergaulan sosial. Dan, yang terpenting adalah ingin memotivasi masyarakat untuk tumbuh dan berkembang. Perlu muncul karakter kerja keras dan saling membantu.

Eduardus mengatakan, dengan membawa diri dalam pergaulan sosial semakin merekatkan hubungan dengan masyarakat bahkan secara persona.

Jika demikian, maka tak ada sekat yang menghambat ketika kepala desa mengajak masyarakat untuk bahu-membahu dalam membangun Desa Bulan.

Kades Eduardus tetap menumbuhkan sprit pada dirinya untuk terus membangun Desa Bulan, apa pun persoalan yang dihadapi.

TERPOPULER - Cuaca Buruk, Gaji Menteri, Prostitusi Online di Bogor & 33 Mayat dalam Kontainer

Persib Maung Bandung Jamu Macan Kemayoran Persija Jakarta di Bali, Komentar Bobotoh, Info

Pesona Loemongga Istri Menteri Agus Gumiwang Saat Bersanding dengan Iriana Jokowi, Cantiknya Awet

Bila masyarakat menghendaki, maka ia akan mengikuti kontestasi Pilkades periode berikutnya tahun 2020. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Paulus K. Burin)

Penulis: Paul Burin
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved