Expo Uyelewun Raya Perkuat Pranata Sosial

expo budaya itu hanyalah wadah mempersatukan berbagai persepsi dan memberi ruang kreativitas bagi masyarakat adat.

Expo Uyelewun Raya Perkuat Pranata Sosial
POS KUPANG/RICARDUS WAWO
Kemeriahan Pembukaan Expo Uyelewun Raya di Desa Benihading 1, Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata, Kamis (17/10/2019) 

Expo Uyelewun Raya Perkuat Pranata Sosial

POS-KUPANG.COM|LEWOLEBA--Direktorat Penanganan Daerah Pasca Konflik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi memiliki program penguatan pranata adat yang bertujuan mewujudkan serta menguatkan persatuan dan kesatuan masyarakat.

Melalui Expo Uyelewun Raya Kabupaten Lembata, pihak kementerian berharap semua inovasi, kreativitas, silahturahmi dan keakraban dari berbagai elemen masyarakat, agama, suku dan kelompok bisa menjadi satu kesatuan dan tidak bergesekan.

Direktur Penanganan Daerah Pasca Konflik, Hasrul Edyar mengungkapkan struktur masyarakat yang heterogen tidak jadi penyebab konflik tetap justru jadi hal yang memperkuat persatuan.

"Kita juga berharap banyak suku dan agama melahirkan kreasi di tengah masyarakat. Kekayaan ragam itu jika dikelola secara baik akan jadi kekuatan yang luar biasa," kata Hasrul, di lokasi Expo Uyelewun Raya, Desa Benihading 1, Kecamatan Buyasuri, Kabupaten Lembata, Jumat (18/10/2019)

Menurut dia, expo budaya itu hanyalah wadah mempersatukan berbagai persepsi dan memberi ruang kreativitas bagi masyarakat adat.

Kata Hasrul, potensi konflik sekecil apapun harus diredam sehingga tidak berdampak luas pada masyarakat.
Pihaknya memang memfasilitasi supaya ada kegiatan di daerah yang menjadi momen untuk menyatukan persepsi persatuan di tengah masyarakat.

VIDEO: Angin Puting Beliung Terbangkan Atap Gedung SD GMIT Nifukani di Kabupaten TTS. Ini Videonya

Penampilan Veronica Tan Tak Kalah dengan Cathy Sharon & Maia Estianty,Eks Ahok Berteman Sosialita?

Chris Mboeik Ajak Masyarakat NTT Dukung Polisi Demi Kelancaran Pelantikan Presiden

Kegiatan Expo Uyelewun Raya ini merupakan kolaborasi pemerintah daerah dan kementerian. Pemerintah daerah memang harus menjadi yang terdepan dalam penguatan pranata adat dan atraksi budaya di tengah masyarakat.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved