Pelajar di NTT Terpapar Narkoba, Veronika Wawo Dorong Keluarga Lakukan Kontrol Terhadap Anak

agar keluarga mesti menciptakan kondisi dan suasana yang kondusif sehingga anak merasa nyaman dan dicintai dalam keluarga.

Pelajar di NTT Terpapar Narkoba, Veronika Wawo Dorong Keluarga Lakukan Kontrol Terhadap Anak
POS-KUPANG.COM/ RYAN NONG
Veronika Wawo,S.Pd M.Pd

Pelajar di NTT Terpapar Narkoba,  Veronika Wawo Dorong Keluarga Lakukan Kontrol Terhadap Anak

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Jumlah warga NTT yang terpapar narkoba mencapai 32 ribu orang, tidak sedikit yang terjerumus menggunakan narkoba merupakan pelajar.

Veronika Wawo, selaku Ketua Pembina Yayasan Warna Kasih Kupang, menjelaskan, keluarga harus berperan aktif mencegah anak-anak agar tidak terjerumus menggunakan narkoba.

Yayasan Warna Kasih Kupang sendiri merupakan yayasan yang bermitra dengan Kemeterian Sosial RI merehabilitasi para para pengguna narkoba.

Hal itu dikatakan Veronika saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, Rabu (16/10/2019).

Dikatakannya, anak-anak yang kurang diperhatikan atau dikontrol oleh keluarga akan mudah terjerumus ke dalam hal-hal negatif termasuk menggunakan narkoba.

Selain peran keluarga, kata dia, sekolah juga harus ikut mengawasi pergaulan siswa-siswi. Menurutnya, sekolah perlu menerapkan tata tertib yang jelas tegas.

"Misalnya merokok, kalau kedapatan, bagaimana sikap sekolah, jangan dibiarkan begitu saja, juga menghadrikan pihak-pihak yang kompeten untuk sosoliasi bahaya narkoba," jelasnya.

Veronika juga mengimbau agar apabila orangtua mendapati anak-anak menggunakan narkoba, jangan didiamkan atau disembunyikan.

Menurutnya, orangtua bertanggung jawab agar anaknya sembuh. "Kadang karena dibebani rasa malu dan minder, akhirnya orangtua diam. Tidak boleh begitu, anak-anak harus dipulihkan," tegas Veronika.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved