Ini Langkah Perumda Air Minum Manggarai Usai Penyerahan Mata Air Wae Mese

melakukan survey dan membuat desain pengelolaan mata air guna dibagikan kepada warga.

Ini Langkah Perumda Air Minum Manggarai Usai Penyerahan Mata Air Wae Mese
POS KUPANG/ARIS NINU
Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Manggarai, Klemens Man bersama salah satu tokoh masyarakat Manggarai sedang berdiskusi soal pengelolaan air bersih bagi warga di Kantor DPRD Manggarai.

Ini Langkah Perumda Air Minum Manggarai Usai Penyerahan Mata Air Wae Mese

POS-KUPANG.COM|RUTENG--Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Manggarai, Klemens Man mengaku sudah menyiapkan langkah dan program usai penyerahan Mata Air Wae Mese 1 kepada Perumda Manggarai.

Langkah yang dilakukan, kata Man, yakni melakukan survey dan membuat desain pengelolaan mata air guna dibagikan kepada warga.

"Langkah berikut yakni pemasangan meteran kepada pelanggan sebanyak 200 KK yang sebelum mendapat suplai air. Pemasangan meteran ini dilakukan tahuj 2020. Untuk saat ini, warga memakai air kami belum kenakan biaya. Nanti 2020 kita akan pasang meteran baru kita hitung pemakaian airnya," papar Man kepada POS-KUPANG.COM di Kantor DPRD Manggarai, Senin (14/10/2019) pagi.

Ia menyampaikan terima kasih kepada warga melalui tokoh adat dan masyarakat yang menyerahkan pengelolaan Mata Air Wae Mese 1 kepada Perumda Manggarai.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Manggarai, tokoh-tokoh perintis Air Swadaya Delsos Keuskupan Ruteng, Alih Waris Pemilik Lahan Mata Air dan perwakilan masyarakat pengguna Air Swadaya Delsos Keuskupan Ruteng bersepakat agar pengelolaan Mata Air Wae Mese 1 diserahkan secara penuh kepada Perumda Air Minum Tirta Komodo.

Sumber Mata Air Wae Mese 1 yang berlokasi di Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong sejak pembangunannya tahun 1989 telah digunakan oleh Kelompok Swadaya Delsos Keuskupan Ruteng untuk melayani sebagian besar masyarakat di Waso Bea, Waso Rajong, Wae Palo, Rangkat, Nekang dan Tenda.

Kesepakatan ini diperoleh usai Sosialisasi Tata Kelola Sumber Mata Air Wae Mese 1 yang digelar di Aula Hotel Ranaka, Ruteng, Jumat (11/10/2019) pagi.

Dalam kesempatan itu hadir Staf Ahli Bupati Manggarai Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, Marselinus Gambang, S.E, Sekretaris Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Komodo, Maksimus Man, SE, Kasi Pemeriksaan Kejaksaan Negeri Manggarai, Yanto Musa, SH, Camat Langke Rembong, Petrus C Masangkat S, Sos, Lurah Waso, Robertus Radom, A.Md, Lurah Watu, Frans P Lengkang, Lurah Bangka Nekang Stef Ileng dan mantan Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, H. A. Kaunang.

Para perintis Air Swadaya Wae Mese Delsos Keuskupan yang hadir di antaranya Petrus Giu, Petrus Nandut, Petrus Tagus, Petrus Lagar dan M Kulas.

Dalam kesempatan ini hadir pula perwakilan pengguna air swadaya, perwakilan pemilik lahan dan perwakilan Delsos Keuskupan Ruteng.

Dengan dicapainya kesepakatan ini, maka akan dilakukan pengalihan tata kelola sumber mata air Wae Mese 1 dari kelompok swadaya kepada Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai.

Staf Ahli Bupati Manggarai Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Marsel Gambang mengucapkan terima kasih kepada masyarakat pemilik lahan yang telah mempercayakan pengelolaan Wae Mese kepada Perumda Air Minum Tirta Komodo.

Maju di Sumba Barat - Daniel Bili Merapat ke Partai Hanura

Dana PPIP SMPN 2 Nita Di Sikka Diduga Disalahgunakan

Bangun Sarjana Perikanan NTT, ISPIKANI Gelar Konferensi Cabang Pertama

Ia berharap, dengan pengelolaan mata air ini, pelayanan Perumda Air Minum Tirta Komodo di Kecamatan Langke Rembong khususnya di Kota Ruteng semakin maksimal.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved