Paroki Poka dan Yayasan Ayo Indonesia Lakukan Ini Bagi Penyandang Disabilitas

Warga Paroki Poka dan Yayasan Ayo Indonesia lakukan ini bagi Penyandang Disabilitas

Paroki Poka dan Yayasan Ayo Indonesia Lakukan Ini Bagi Penyandang Disabilitas
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Peserta seminar sehari di Paroki Poka tentang kaum disabilitas 

Warga Paroki Poka dan Yayasan Ayo Indonesia lakukan ini bagi Penyandang Disabilitas

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Dewan Pastoral Paroki ( DPP) Poka dan Yayasan Ayo Indonesia menyelenggarakan dialog advokasi untuk penyandang disabilitas di Aula Paroki Poka, Desa Longko, Kecamatan Wae Rii, Kabupaten Manggarai, Sabtu (12/10/2019) pagi.

Seminar sehari ini mengangkat tema "Kolaborasi Menuju Pemenuhan Hak-hak Para Penyandang Disabilitas di Paroki Poka".

Simak Pesan Bupati Malaka Saat Melantik 76 Pejabat Eselon, Siapa Saja Mereka?

Kegiatan seminar sehari ini diinisatif oleh DPP dan Pastor Paroki Poka.

Dalam sambutan pembukaan dialog, Aloysius Jeharu, Ketua DPP Paroki Poka mengatakan, kalau kegiatan dialog ini merupakan agenda paroki pada tahun diakonia ini untuk mendorong keterlibatan pihak paroki, puskesmas, pemerintah kabupaten, pemerintah desa, keluarga Para Penyandang Disabilitas, SLB Karya Murni dan Lembaga Swadaya Masyarakat dalam memperjuangkan dan mewujudkan pemenuhan hak-hak para penyandang disabilitas.

BREAKING NEWS: Empat Pelaku Pembalakan Liar di TTU Ditangkap Polisi

Sementara itu, Yohanes Nerdi, Koordinator Program Disabilitas di Yayasan Ayo Indonesia yang juga menjadi narasumber pada kegiatan dialog sehari mengatakan, keterlibatan semua pihak sangat penting untuk mempercepat terakomodasinya hak hak orang difabel dalam politik anggaran pemerintah desa dan pemerintah sangatlah l
penting

Dia mengatakan, Ayo Indonesia dan Paroki Poka akan terus membangun koordinasi dengan pemerintahan desa yang ada di Paroki Poka untuk membentuk kelompok atau komunitas difabel di setiap desa.

Turut hadir pada kegiatan dialog tersebut adalah Kepala Dinas Sosial, Rafael Ogur, Kepala Desa Ranaka, Penjabat Kepala Desa Bangka Jong, Tenaga Ahli Pendamping Desa dan Kepala Puskemas Timung.

Rafael Ogur, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manggarai dalam pemaparan menegaskan, Pemerintah Kabupaten Manggarai telah memberi perhatian serius kepada kaum difabel di Manggarai sejak tahun 2015.

"Pemerintah telah membantu peralatan pertukangan kepada Bengkel St.Damian Cancar dan bantuan peralatan kepada SLB Karya murni. Bantuan ini sebagian merupakan untuk tujuan pemberdayaan agar mereka bisa menghasilkan uang sendiri. Sedangkan ke depan pemerintah sangat membutuhkan data yang akurat tentang jenis difabel agar kami dapat memberikan dukungan berdasarkan kebutuhan para penyadang difabel," tutur Rafael.

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved