Pemda TTU Akan Alokasikan Dana Operasional Untuk Pemulangan TKI yang Meninggal di Malaysia

perusahaan perekrut tenaga kerja tidak dapat memulangkan jenazah tersebut, maka tugas pemerintah yang harus memulangkan jenazah tersebut.

Pemda TTU Akan Alokasikan Dana Operasional Untuk Pemulangan TKI yang Meninggal di Malaysia
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI/Bupati TTU,
Raymundus Sau Fernandes, S.Pt. 

Pemda TTU Akan Alokasikan Dana Oeprsional Untuk Pemulangan TKI yang Meninggal di Malaysia

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Menanggapi maraknya kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang meninggal dunia di Malaysia, Pemerintah daerah Kabupaten TTU berencana akan mengalokasikan dana operasional.

Dana operasional tersebut nanti akan digunakan untuk membiayai pemulangan jenazah TKI apabila perusahaan perekrut tenaga kerja tidak dapat memulangkan jenazah TKI yang meninggal di Malaysia.

"Kalau perusahaan perekrut tidak mampu memulangkan jenazah TKI maka kita yang akan memulangkan jenazah tersebut," kata Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes kepada Pos Kupang saat ditemui di Kantor DPRD TTU, Kamis (10/11/2019).

Raymundus mengungkapkan, banyak sekali TKI yang meninggal dunia di Malaysia karena mereka yang berangkat ke luar negeri tidak sesuai dengan prosedur yang benar dan tanpa sepengetahuan dari pemerintah daerah.

Karena saat berangkat tidak diketahui oleh pemerintah, kata Raymundus, pemerintah daerah baru mengetahui ada TKI pada saat TKI tersebut sakit dan mau meninggal di luar negeri.

"Saat seperti itu, baru mereka yang kontak kita. Sehingga langkah yang kita lakukan adalah di perubahan ini kita akan alokasikan sedikit dana operasional di dinas tenaga kerja untuk bisa memulangkan jenazah yang ada," ungkapnya.

Raymundus mengatakan, jika perusahaan perekrut tenaga kerja tidak dapat memulangkan jenazah tersebut, maka tugas pemerintah yang harus memulangkan jenazah tersebut.

"Karena bagaimana pun juga mereka itu adalah warga TTU. Mau ilegal atau tidak ya dia sudah alami musibah disana ya pemerintah harus membantu," ungkapnya.

Artis Ini Lakukan Pesugihan, Robby Purba Teman Ayu Ting Ting Bongkar Detailnya Anak Indigo Ucap Ini

Jefri Riwu Kore Smart City Bukan Hanya Soal Wi-Fi Tapi Juga Pelayanan yang Berkualitas

Selain itu, kata Raymundus, pihaknya juga akan memperketat pengawasan supaya memperkecil ruang gerak para TKI ilegal dengan cara bekerja sama dengan semua pihak terutama dengan satgas TKI. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved