Gelar PKM, Prodi PPLK Politani Kupang Budidaya Tanaman Sayuran Bersama LPKA Klas I Kupang

sebanyak 650 Polybag yang terdiri dari 250 Polybag Tanaman Terung, 250 Polybag Tanaman Tomat, 150 polybag tanaman Cabai Rawit.

Gelar PKM, Prodi PPLK Politani Kupang Budidaya Tanaman Sayuran Bersama LPKA Klas I Kupang
Dokumentasi Prodi PPLK Jurusan MPLK Politani Kupang.
Suasana panen bersama tanaman sayuran hemat air dalam polybag di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) klas I Kupang, Sabtu (5/10/2019). 

Gelar PKM, Prodi PPLK Politani Kupang Budidaya Tanaman Sayuran Bersama LPKA Klas I Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Program Studi (Prodi) Penyuluhan Pertanian Lahan Kering (PPLK), Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering (MPLK), Politani Kupang menggelar Program Kemitraan Bagi Masyarakat (PKM) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) klas I Kupang.

Kegiatan yang dilakukan dalam program ini adalah budidaya tanaman sayuran hemat air dalam polybag di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) klas I Kupang.

Dalam kegiatan PKM tersebut ada tiga jenis tanaman sayuran yang dibudidayakan yaitu terung, tomat, cabai rawit sebanyak 650 Polybag yang terdiri dari 250 Polybag Tanaman Terung, 250 Polybag Tanaman Tomat, 150 polybag tanaman Cabai Rawit.

Kordinator kegiatan, Wely Yitro Pello, S.ST, M.Si mengatakan, Program Kemitraan bagi masyarakat sudah dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2019 lalu dan kegiatan panen hasil PKM untuk tanaman Terung dan tanaman Tomat pada 5 Oktober 2019.

"Program ini merupakan wujud pelaksanaan dari salah Tridharma perguruan tinggi yakni Pengabdian bagi Masyarakat melalui Program Kemitraan Bagi Masyarakat (PKM)," katanya dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Kamis (10/10/2019) sore.

Wely yang juga Ketua Prodi PPLK Politani Kupang ini menjelaskan, tujuan PKM sebagai sarana mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang pertanian melalui teknologi tepat guna dengan pemanfaatan pekarangan yang sempit untuk budidaya tanaman sayuran dalam polybag yang hemat air kepada anak didik (andik) yang
sementara menjalin masa binaan di Lapas Anak.

Lebih lanjut, program tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Andik di LPKA Klas 1 Kupang terkait pertanian.

"Ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didapat dapat dimanfaatkan sebagai bekal dan bisa diterapkan setelah menyelesaikan masa binaan (post adjudikasi) di LPKA Klas 1 Kupang," katanya.

Menurut Wely, teknologi pertanian yang dilaksanakan bersama puluhan Andik di LPKA Klas 1 Kupang sangat tepat dilaksanakan di area atau lahan yang sempit.

Halaman
12
Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved