Kopi Arabika Flores Dijual Hingga Luar Negeri

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngada, Paskalis Wale Bai menjelaskan, Kopi Arabika Flores Bajawa menyasar di Ngada hingga luar negeri.

Kopi Arabika Flores Dijual Hingga Luar Negeri
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Ketua Tim Penggerak PKK NTT, Julie Sutrisno Laiskodat saat diskusi dengan Petani UPH Papawiu Mangulewa Kabupaten Ngada, Kamis (10/10/2019). 

POS-KUPANG.COM | BAJAWA - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngada, Paskalis Wale Bai, SP, M.AP, menjelaskan, Kopi Arabika Flores Bajawa menyasar di Ngada hingga luar negeri.

Data yang dihimpun menyebutkan, pembeli Kopi AFB yaitu, PT.Indocom, PT.MTC dan cafe-cafe yang ada di Flores, Timor, Bali Sumba. NTT pada umumnya juga luar negeri.

Paskalis menyebutka total sementara UPH/Sub UPH dan pelaku usah Kopi yang melakukan pengolahan tahun 2019 yaitu ada 94 unit dan target ditahun 2019 adalah 1.414.050 Kg.

BREAKING NEWS: Gempa Bumi 4.1 SR Guncang Barat Laut Kodi, Sumba Barat Daya

Data ekspor kopi AFB Ngada tahun 2015 yaitu, 700.000 liter dari 78 UPH. 2016 yaitu 695.000 dari 92 UPH. Tahun 2017 dan 2018 yaitu 213.348 liter dari 64 UPH.

Ia menyebutkan salah satu UPH adalah Papawiu Mangulewa mengolah Kopi Arabika Flores Bajawa.

Kopi tersebut ada yang dalam kemasan dengan netto 250 gram dan itu merupakan 100% kopi Arabika tanpa bahan tambahan.

BREAKING NEWS: Dua Rumah Warga Nangapanda Ende Ludes Terbakar

Biji Kopi Arabika bermutu dari dataran tinggi Ngada dengan sistem olah basah (wet proces) menghasilkan kopi bubuk bercita rasa khas Bajawa.

Ia menyebutkan selain Kopi Arabika Flores Bajawa, saat ini Dinas Pertanian sedang fokus untuk pengembangan Hortikultura organik.

Pola pertanian organik menjadi fokus dan didorang bebas dari bahan kimia.

Sementara itu, ketua tim penggerak PKK Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, menegaskan, produktifitas harus ditingkatkan. Dan semangat kerja harus optimalkan.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved