Kapolda NTT : Pegiat Medsos dan Media Mainstream Jangan Glorifikasi dan Pabrikasi Berita Negatif

pencapaian Indonesia sudah pada posisi delapan di dunia, meningkat satu tingkat dari posisi di tahun sebelumnya.

Kapolda NTT : Pegiat Medsos dan Media Mainstream Jangan Glorifikasi dan Pabrikasi Berita Negatif
POS KUPANG/RYAN NONG
Kapolda NTT Irjen Pol Drs Hamidin saat membuka kegiatan literasi digital Divisi Humas Polri di Hotel Sylvia Kupang, Kamis (10/10/2019). 

Kapolda NTT : Pegiat Medsos dan Media Mainstream Jangan Glorifikasi dan Pabrikasi Berita Negatif

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kapolda NTT Irjen Pol Drs Hamidin berpesan kepada para pegiat media sosial dan media mainstream untuk tidak membuat glorifikasi dan pabrikasi terhadap informasi kontraproduktif (negatif) dalam konteks kehidupan sosial berbangsa dan bernegara.

Hal ini disampaikan Kapolda Irjen Pol Hamidin kepada peserta literasi digital saat membuka kegiatan Literasi Digital Divisi Humas Polri yang dilaksanakan di Sylvia Hotel, Kamis (10/10/2019) pagi. 

Dalam kegiatan yang mengusung tema "peran media sosial dan media online menghadapi era 4.0 dalam perspektif pemeliharaan kamtibmas di wilayah hukum Polda NTT" itu, Irjen Hamidin menyampaikan bahwa berdasarkan survei internasional, tingkat keamanan dan kedamaian Indonesia saat ini makin membaik. 

Mantan Direktur Pencegahan BNPT dan Deputi III Bidang Kerja Sama Internasional BNPT ini mengatakan, bahkan saat ini pencapaian Indonesia  sudah pada posisi delapan di dunia, meningkat satu tingkat dari posisi di tahun sebelumnya. 

Hal ini diakuinya, juga tak lepas dari peran narasi yang dibangun oleh masyarakat dan media yang makin baik. 

Meski demikian, mantan Kapolda Sulawesi Selatan ini mengingatkan bahwa media sosial dan media mainstream hingga saat ini masih memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut adalah glorifikasi, pabrikasi dan pengulangan atau amplifikasi terhadap informasi atau berita negatif semisal teror atau teroris. 

"Kegiatan ini menjadi penting dan strategis, apa yang dilakukan dan didapat bisa menjadi sumbangan positif bagi pemeliharaan keamanan dan ketertiban," ujar Kapolda Hamidin. 

"Suarakan kedamaian, sebagai influencer media sosial dan media mainstream, jangan selalu membuat glorifikasi dan pabrikasi yang tidak produktif bagi bangsa," lanjut jenderal bintang dua ini. 

Kegiatan literasi digital ini menghadirkan narasumber staf khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati, staf ahli Kementerian Kominfo Bidang Kebijakan Publik Dedi Permadi dan Kepala Bagian Diseminasi Informasi Digital Divhumas Polri Kombes Pol Heru Yulianto, S.I.K.

Baru Delapan Pekerja Migran Sikka Resmi ke Malaysia

Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Daerah Irigasi Kodi di Sumba Barat Daya

Hadir dalam kegiatan tersebut, mahasiswa, pelajar, pegiat dan influencer media sosial serta jurnalis dan perwakilan instansi pemerintahan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong )

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved