DPRD Ende Dan Pemerintah Adalah Mitra

Pemerintah Daerah dalam membuat kebijakan daerah sesuai dengan kewenangan, tugas dan fungsi masing – masing.

DPRD Ende Dan Pemerintah Adalah Mitra
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Ketua Pengadilan Negeri Ende, I Komang Dediek Prayogo, SH, M.Hum Melantik Pimpinan DPRD Kabupaten Ende, Senin (7/10/2019). 

DPRD Ende Dan Pemerintah Adalah Mitra

POS-KUPANG.COM|ENDE--Sebagai unsur penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, DPRD adalah mitra kerja Pemerintah Daerah dalam membuat kebijakan daerah sesuai dengan kewenangan, tugas dan fungsi masing – masing.

Ketua DPRD Kabupaten Ende, Fransiskus Taso, S.Sos mengatakan hal itu dalam sambutannya pada pelaksanaan pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Ende, Senin (7/10/2019).

Untuk itu, DPRD dan Pemerintah Daerah wajib memelihara dan membangun hubungan kerja yang harmonis, dan saling mendukung dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dalam praktek berpemerintahan,ujar Fransiskus.

Dikatakan dalam menjamin optimalisasi penyelenggaraan tugas – tugas pemerintahan daerah, secara konstitusional DPRD memiliki tiga fungsi yaitu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Ketiga fungsi DPRD tersebut, dilaksanakan dalam kerangka kedudukan DPRD sebagai representasi rakyat di daerah.

Dalam pelaksanaan ketiga fungsi tersebut, DPRD memiliki pula sejumlah tugas dan wewenang, hak dan kewajiban sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Dikatakan dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan, telah banyak keberhasilan yang dicapai, namun di sisi lain, juga harus diakui bahwa masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, baik dalam bidang infrastruktur, lingkungan hidup, ekonomi, kesehatan, dan masalah – masalah lain yang membelit sendi – sendi kehidupan masyarakat.

“Untuk itu, sebagai Pimpinan DPRD, kami mengajak kita semua untuk bergandengan tangan, bekerja sama, menata Kabupaten Ende menuju ke arah yang lebih baik,”kata Fransiskus.

DPRD Ende Diminta Jalankan Amanah Secara Bertanggungjawab

Secara matematis, DPRD Ende hanya berjumlah 30 orang, namun demikian merupakan representasi dari seluruh masyarakat Kabupaten Ende yang telah meletakkan amanah di pundaknya. Untuk itu jalankan dan laksanakan amanah tersebut secara bertanggung jawab.

Ketua DPRD Kabupaten Ende, Fransiskus Taso, S.Sos mengatakan hal itu dalam sambutannya pada pelaksanaan pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Ende, Senin (7/10/2019).

Dikatakan momentum bermartabat yang ada mengandung makna yuridis konstitusional yang di emban saat ini hingga Tahun 2024 mendatang, oleh karena itu, peristiwa pengucapan sumpah dan janji harus di maknai sebagai suatu motivasi bagi pimpinan untuk mengabdikan diri secara total.

Selain itu dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan tugas – tugas pemerintah, yang pada akhirnya dapat menciptakan dan membawa Kabupaten Ende menjadi lebih maju dan berkembang.

Dalam kaitan itu, relasi kemitraan yang sejati antara DPRD dengan Kepala Daerah merupakan prasyarat mutlak guna menjamin optimalnya penyelenggaraan tugas – tugas pemerintahan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat,ujar Fransiskus.

Adapun unsur pimpinan DPRD Kabupaten Ende masing-masing, Fransiskus Taso dari PDIP sebagai Ketua dan Erikos E Rede dari Partai NasDem sebagai Wakil ketua dan Didimus Toki dari Partai Hanura sebagai Wakil Ketua.

Jangan Simpan Mentimun Dalam Kulkas! Bocah Ini Kritis Hanya karena Makan Mentimun Disimpan di Kulkas

Uji Coba Listrik, Begini Permintaan Kades Pasir Putih Manggarai Barat

Diteriaki Gila, Inilah Kronologi Perseteruan Cita Citata dan Yusuf Oeblet, Tulis Surat Terbuka

Mbak You Ramal Hubungan Gisella Anastasia & Wijaya Saputra, Bakal Putus? Beda Nasib Gading Marten

Pelaksanaan pelantikan dihadiri Bupati Ende, Drs Djafar Achmad dan Kapolres Ende, AKPB Achmad Muzayin serta Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Fuad Suparlin dan unsur Muspida juga pimpinan badan dan dinas serta bagian di Lingkup Pemkab Ende dan juga pengurus Parpol maupun tokoh agama serta tokoh masyarakat di Kabupaten Ende.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved