News

Dampak Kemarau Panjang Mendera Warga Billa-TTS, Babinsa Terpaksa Turun Tangan Bagi Air Bersih

Salah satu titik terdampak adalah Desa Billa, Kecamatan Amanuban Timur.Masyarakat di desa ini krisis air bersih karena sumber mata air satu-satunya

Dampak Kemarau Panjang Mendera Warga Billa-TTS, Babinsa Terpaksa Turun Tangan Bagi Air Bersih
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
BAGI AIR---Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ membagi air minum kepada warga Umanen, Kabupaten Belu, Sabtu (28/9/2019). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Dion Kota

POS KUPANG, COM, SOE - Dampak kemarau kini dirasakan sebagian besar wilayah di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Salah satu titik terdampak adalah Desa Billa, Kecamatan Amanuban Timur.

Masyarakat di desa ini krisis air bersih karena sumber mata air satu-satunya di desa ini turun drastis.

Babinsa Sertu Yehuda Nubatonis kepada Pos Kupang, Selasa (1/10/2019), yang ditemui seusai pengecekan dan pembersihan sumber mata air bersih mengatakan, setiap hari warga Desa Billa mengantre air di bak penampung hingga malam hari.

Masyarakat datang membawa jeriken untuk mengisi air. Karena debit air terbatas, Sertu Yehuda terpaksa turun tangan mengatur pembagian air bersih agar seluruh masyarakat kebagian.

"Saya lihat masyarakat berebut air bersih, saya kasihan juga. Makanya supaya adil dan semua kebagian, saya turun tangan atur pembagian air," ungkap Sertu Yehuda.

Putra Amanuban Timur ini mengajak masyarakat untuk menghemat air mengingat ketersediaan air bersih saat ini sangat terbatas.

Dia juga mengajak masyarakat menjaga aliran air di perpipaan yang ada agar kotoran daun-daunan tidak menyumbat aliran air sehingga mengakibatkan kemacetan seperti yang terjadi baru-baru ini. *

Penulis: Dion Kota
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved