RSUPP Betun Selalu Jadi Tempat Kaji Rumah Sakit se-NTT

Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan (RSUPP) Betun, Kabupaten Malaka selalu menjadi tempat kaji banding bagi manajemen rumah sakit yang ada di NTT.

RSUPP Betun Selalu Jadi Tempat Kaji Rumah Sakit se-NTT
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS POSE BERSAMA---Direktur RSUPP Betun, dr Oktelin Kaswadie foto bersama dengan Tim Akreditasi RSUD S.K Lerik di Aula Kantor Bupati Malaka, Kamis (26/9/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN-----Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan (RSUPP) Betun, Kabupaten Malaka selalu menjadi tempat kaji banding bagi manajemen rumah sakit yang ada di NTT. Hal ini menunjukan RSUPP Betun memiliki keunggulan dari rumah sakit lain di NTT.

Rumat Sakit Penyangga Perbatasan (RSPP) Betun merupakan rumah sakit tipe C yang sudah terakreditasi sejak tanggal 28 November 2018 dengan lulus tingkat Paripurna Bintang Lima.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit sudah menyerahkan Sertifkat Akreditasi yang ditandatangani Ketua Komisi Akreditasi Rumah Sakit, Dr.dr Sutoto, M.Kes nomor KARS-SERT/220/XII/2018.

Prestasi ini yang mendukung RSUPP Betun menjadi tempat kaji banding bagi rumah sakit lain di NTT. Sepanjang tahun 2019, ada beberapa rumah sakit yang melakukan kaji banding di RSUPP Betun yakni, RS Katolik Marianum Halilulik, RSUD Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, RS Wirasakti Kupang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK Lerik Kota Kupang. Semuanya melakukan kaji banding dalam rangka persiapan akreditasi rumah sakit.

Seperti diakui Ketua Pokja Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) Tim Akreditasi RSUD S.K Lerik, dr. Aurelia Maria Liliweri kepada wartawan di Betun, Kamis (26/9/2019).

Menurut dr. Aurelia Liliweri, kedatangan tim RSUD S.K Lerik bertujuan untuk melaksanakan studi banding terkait persiapan akreditasi
Rumah Sakit SK Lerik menuju paripurna versi SNAR pada April 2020 mendatang.

Langka persiapan yang dilakukan manajemen salah satunya studi banding dan manajemen RS SK Lerik memilih studi banding di RSPP Betun
karena rumah sakit ini sudah mendapat penilaian akreditasi dengan predikat paripurna.

Hal senada diutarakan Kepala RS Wirasakti Kupang, dr. Aan Riswandi
Sp. PK. M.Kes saat melaksanakan kaji banding di RSPP) Betun, Kabupaten Malaka, Kamis (9/5/2019).

Katanya, manajemen RS Wirasakti datang ke Malaka setelah mendapat masukan dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak yang berkompeten.

Kehadiran tim akreditasi dari RS Wiraksti di Malaka sesungguhnya untuk belajar berbagai aspek yang dimiliki RSPP Betun tentang akreditasi rumah sakit sehingga bisa mencapai predikat bintang lima atau paripurna.

Tim dari RS Wirasakti akan
mpelajari berbagai aspek seperti managemen dan pelayanan yang ada di RSPP Betun. Kaji banding ini berkaitan dengan perjalanan RS Wirasakti ke depannya.

Direktur RSUPP Betun, dr Oktelin Kaswadie mengatakan hingga September 2019, sudah empat rumah sakit di NTT yang melakukan kaji banding di RSUPP Betun yakni
RSU Marianum Halilulik, RSUD Soe RST Wirasakti Kupang dan terakhir
RSUD S.K Lerik Kota Kupang.

´┐╝Oktelin mengaku, Pemerintah Kabupaten Malaka di bawah kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran selalu memberikan support dan motivasi, sehingga keberadaan RSUPP Betun ini mencapai akreditasi paripurna.

Manajemen terus mempertahankan predikat paripurna serta membenahi hal-hal yang masih kurang sehingga RSUPP Betun tetap menjadi tempat belajar bagi sesama manajemen rumah sakit di NTT. (jen/Adv).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved