Drum Band SMAK Syuradikara Ende Iringi Kegiatan Ploging

-Drum band SMAK Syuradikara Ende mengiringi kegiatan ploging atau joging sambil memungut sampah yang dilakukan oleh para siswa/i SMAK dan SMK Syura

Drum Band SMAK Syuradikara Ende Iringi Kegiatan Ploging
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
DRUM BAND/Drum Band SMAK Syuradikara Ende Tampil Pada Saat Plogging, Jumat (27/9/2019). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Drum band SMAK Syuradikara Ende mengiringi kegiatan ploging atau joging sambil memungut sampah yang dilakukan oleh para siswa/i SMAK dan SMK Syuradikara Ende dalam rangka menyambut HUT kedua sekolah tersebut, Jumat (27/9/2019).

Kepala Sekolah SMAK Syuradikara, Pater Stef Sabon Aran SVD mengakan bahwa plogging adalah olahraga atau joging sambil memungut sampah sehingga dengan demikian bukan badan saja yang sehat tetapi lingkungan juga menjadi bersih.
Dikatakan kegiatan plogging memberikan efek yang lebih sehat dibandingkan joging atau jalan sehat baisa karena membuat gerakan ekstra ketika memungut sampah seperti berjalan maupun berhenti atapun jongkok untuk memungut sampah dan berdiri kembali serta melanjutkan berjalan atau joging lagi.

6 Petinju NTT Mendulang Emas di Pra PON XXX tahun 2019 di Ternate Maluku Utara, Ini Nama Petinju

“Jika rangkain gerakan ini dilakukan terus menerus maka efek lebih terasa bagi tubuh kita,”kata Pater Stef.
Dikatakan sebuah aplikasi kesehatan bernama lifesum mencatat bahwa melakukan kegiatan plogging selama 30 menit bisa membakar 288 kalori dibandingkan dengan joging biasa yang hanya membakar 200 kalori setiap 30 menit untuk orang yang berukuran sedang,”kata Pater Stef.

Gempa 6,8 SR Guncang Ambon, 20 Orang Meninggal Dunia, Ini Daftar Nama Para Korban

Dikatakan selain siswa SMAK dan SMK Syuradikara kegiatan ploging diikuti oleh orangtua siswa juga alumni dan NGO Trash Hero Cabang Ende dan komunitas relawan cinta lingkungan Kabupaten Ende.

Pater Stef mengatakan bahwa dalam pelaksanaan plogging para peserta hanya memungut sampah anorganik seperti plastik ataupun kertas dan kaleng juga kaca dan puntung rokok.

Pelaksanaan plogging dilepas oleh Asisten 3 Setda Ende, Vitalis Tote di Jalan Soekarno Ende.
Para peserta melakukan ploging terbagi dalam dua kelompok masing-masing kelompok 1 melewati Lapangan Pancasila dan Jalan Soekarno juga Jalan Pahlawan serta Jalan Nuamuri dan Jalan Wirajaya dan Jalan El Tari.
Sedangkan kelompok 2 melewati Jalan Yos Soedarso dan Jalan Sudirman dan Jalan Banteng serta Jalan Kelimutu dan Jalan El Tari.

Kelompok 3 melewati Jalan Katedral dan Jalan A Yani dan Jalan El Tari.

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved