Dirjen Energi Baru Terbarukan,GIZ dan EnDev Dampingi Tiga Desa di Rote Ndao

Direktorat Jenderal (Ditjen) Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM bersama Pemerintah Republik Federal Jerman melalui Gesellschftfur Internationale

Dirjen Energi Baru Terbarukan,GIZ dan EnDev Dampingi Tiga Desa di Rote Ndao
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Asisten II Setda NTT ,Semuel Rebo menyampaikam sambutan pada acara Pameran usaha Produktif dan Talk Show di Ruang Rapat Asisten Setda NTT, Kamis (26/9/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Direktorat Jenderal (Ditjen) Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM bersama Pemerintah Republik Federal Jerman melalui Gesellschftfur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) telah bekerjasama dalam kerangka proyek energizeng Develompment (EnDev) dengan melakukan kegiatan pendampingan masyarakat tiga desa di Kabupaten Rote Ndao.

Hal ini terungkap pada acara Pameran usaha Produktif dan Talk Show atau Gelar Wicara yang berlangsung di Ruang Rapat Asisten Setda NTT, Kamis (26/9/2019).

Kegiatan ini dengan tema Praktik Cerdas Pengembangan Ekonomi Produktif Desa Penerima Manfaat Pembangkit Listrik Energi Terbarukan di NTT.

Hadir pada acara ini, Asisten II Setda NTT, Semuel Rebo, Kadis ESDM NTT, Jusuf Adoe, Kepala Bappelitbangda NTT, Lucy Koli dan juga Pemkab Rote Ndao.

Anna M. E.Kerans, S.Pt, MT dalam laporannya mengatakan, tiga desa di Kabupaten Rote Ndao yang didampingi itu adalah Desa Daiama, Bo'a dan Desa Mbokak.

Menurut Anna kegiatanan itu bertujuan berbagi pengalaman dan menggali lebih lanjut ide pengembangan ekonomi desa berbasis energi baru terbarukan.

"Selain itu untuk mempertemukan kelompok-kelompok ekonomi produktif yang ada serta memamerkan hasil usaha produktif masyarakat setempat," kata Anna.

Team Leader EnDev , Catoer Wibowo mengatakan, dalam kegiatan itu, mereka melakukan pendampingan di Rote Ndao sudah selesai dsn talk show dan pameran itu bertujuan untuk menampilkan
apa yang telah dilakukan mereka dan juga yang telah dicapai oleh warga di tiga desa.

Dikatakan, terkait dengan angka elektrikasi di NTT, saat ini perlu ditingkatkan.
Dalam pendampingan EnDev bertujuan agar listrik atau energi baru terbarukan terus berlanjut.
Asisten II Setda NTT, Semuel Rebo mengatakan, NTT memiliki potensi yang banyak, termasuk potensi energi baru terbarukan.

"Kita punya iklim yang mana musim kemarau yang panjang. Pada sisi lain adanya energi matahari bisa dijadikan energi listrik," kata Semuel.

Dia mengharapkan apa yang sudah dilakukan di tiga desa bisa menjadi pilot project sehingga dapat ditularkan ke desa -desa lain di NTT.

"Kita harapkan agar masyarakat NTT bekerja atau berusaha di daerah sendiri demi pengembangan ekonomi produktif," ujarnya. (*)

P

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved