News

Yuk Berwisata ke Pantai Sulamanda, pesonanya Semakin Kinclong Berkat Kantong Para Pelancong

Pada Kamis (19/9/2019), pantai ini kembali disambangi puluhan peserta pelatihan pemandu wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang.

Yuk Berwisata ke Pantai Sulamanda, pesonanya Semakin Kinclong Berkat Kantong Para Pelancong
Ket foto : Edi Hayong
Deni Haba (bermain gitar) dengan latar belakang mobil Deha Cafe and Bar berjalan di pantai Sulamanda, Minggu (4/8/2019) 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Edy Hayong

POS KUPANG, COM, OELAMASI - Daya tarik Pantai Wisata Sulamanda di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, semakin kionclong. Para pelancong memburunya.

Pada Kamis (19/9/2019), pantai ini kembali disambangi puluhan peserta pelatihan pemandu wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang.

Kehadiran pemandu wisata ini selain menikmati keindahan Pantai Sulamanda, juga menggelar praktik lapangan terkait bagaimana seorang pemandu wisata bekerja secara baik dan berhasil.

Pantauan Pos Kupang, rombongan dipimpin Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang, Clifford Alexander.

Mereka datang tidak untuk menikmati keindahan pantai Sulamanda tetapi lebih dari itu, mengadakan praktik lapangan terkait bagaimana seorang pemandu wisata bekerja secara baik dan berhasil.

Selaku penanggung jawab kegiatan pelatihan pemandu wisata, Clifford Alexander mengaku pihaknya sengaja memilih tempat wisata Pantai Sulamanda karena memang tempat wisata ini lagi viral dan hampir setiap hari ramai dikunjungi para pelancong. Mereka membawa berkat.

Di sisi lain, tempat wisata Pantai Sulamanda sudah ada kelompok usaha kuliner dengan jajanan yang tentu sudah memiliki cita rasa khas dari hasil tanam petani setempat seperti jagung, singkong, pisang dan sebagainya.

"Puluhan peserta pelatihan dari empat kecamatan di Kabupaten Kupang itu tentu bisa melihat dan mempraktikkan langsung bagaimana mengemas hingga menawarkan jajanan sehingga laku terjual dan dibeli para pengunjung," jelas Alex.

Dia berharap para peserta yang mengikuti pelatihan pemandu wisata kelak dapat menjual semua keunggulan dan potensi wisata yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dari usaha di bidang kepariwisataan itu sendiri.

Terpisah, Kepala Desa Mata Air, Benny Kanuk, mengaku senang dan bangga karena pantai wisata Sulamanda dipercaya menjadi tempat perkunjungan puluhan peserta pelatihan pemandu wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang.

Menandai rasa senang dan bangga atas perkunjungan itu, pemerintah desa dan puluhan peserta pelatihan pemandu wisata secara bersama-sama menanam sejumlah anakan mangrove sebagai dukungan atas kelestarian wisata pantai wisata Sulamanda. *

Penulis: Edy Hayong
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved