Uskup Atambua Tahbiskan Kapela St. Alexander Haitimuk-Malaka

Di depan pintu Kapela St Alexander Uskup memimpin upacara pembukaan dilanjutkan pemberkatan kapela dan pemercikan bagian luar gereja

Uskup Atambua Tahbiskan Kapela St. Alexander Haitimuk-Malaka
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Uskup Atambua, Mgr Dominikus Saku, Pr memberkati Kapela St Alexander Haitimuk, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Minggu (22/9/2019). 

 Uskup Atambua Tahbiskan Kapela St. Alexander Haitimuk-Malaka

POS-KUPANG.COM| BETUN--Uskup Atambua, Mgr Dominikus Saku, Pr mentahbiskan Kapela St Alexander Haitimuk, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Minggu (22/9/2019). Kemudian diresmikan oleh Uskup Atambua dan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH.

Kapela St Alexander Haitimuk berada dalam wilayah Paroki Santo Antonius Padua Kleseleon.

Upacara pentahbisan diawali prosesi perarakan Uskup, para imam, judan, Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran bersama Ny Beatrix, Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran bersama tokoh umat. Prosesi diiringi tarian likurai dari kediaman Bupati Malaka menuju halaman depan Kapela St Alexander.

Di depan pintu Kapela St Alexander Uskup memimpin upacara pembukaan dilanjutkan pemberkatan kapela dan pemercikan bagian luar gereja dengan air berkat.

Usai pemberkatan di depan pintu kapela, Ketua Panitia Pembangunan bersama Ketua DPP, ketua lingkungan, penderma dan tukang menyerahkan kunci pintu kapela kepada Uskup Atambua.

Uskup Dominikus bersama Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran menggunting pita dilanjutkan penandatanganan prasasti dan penyerahan kunci.

Uskup mengetuk pintu kapela menggunakan tongkat sebanyak tiga kali seraya berkata “Bukalah Pintu Ini, Karena Tuhanmu Hendak Masuk”.

Pada ketukan ketiga, pintu kapela dibuka lalu semua umat memasuki Kapela tersebut diiringi lagu pembukaan.

Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku Pr dalam homili mengungkapkan, kapela merupakan tempat Allah menjumpai manusia dan sebaliknya.

“Melalui pentahbisan kapela, karya penyelamatan dan cinta kasih Tuhan diperuntukkan bagi semua orang, apabila orang tersebut mau membuka diri terhadap wahyu Tuhan", kata Uskup Dominikus.

Uskup Dominikus mengaku bangga atas kemandirian umat di Stasi Haitimuk yang ditandai dengan persembahan gedung Kapela yang baru. Uskup juga mengapresiasi perhatian dan dukungan Bupati Malaka dan jajarannya kepada Gereja Katolik di Kabupaten malaka.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH mengungkapkan, peristiwa yang terjadi adalah peristiwa iman yang sangat berahmat bagi semua umat yang hadir.

“Terima kasih kepada Bapak Uskup yang sudah memimpin peristiwa berahmat ini dan menjelaskan pada kami secara rinci. Ini merupakan katekese yang sangat detail tentang seluruh rangkaian acara. Saya yakin, 98 Persen dari kita yang hadir belum menyaksikan pebtahbisan altar seperti ini”, ujar Bupati Perdana Malaka.

LIGA ITALIA! Hasil Lengkap Pertandingan Liga Italia, Parade Gol Pemain Baru Putra Diego Simeone

Satgas Pamtas Bagikan 200 Pakaian Layak Pakai kepada Warga Perbatasan

Bupati yang akrab disapa SBS ini mengatakan, Pemerintah Kabuparten Malaka dibawah kepemimpinannya memberikan perhatian yang luar biasa terhadap pembangunan fisik gereja dan rumah ibadah lainnya. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved