Multitude of Peer Gynts-Teater Garasi Pemenang Ibsen Scholarship 2019 dari Indonesia

setelah Ibsen Awards secara resmi mengumumkan para pemenang Ibsen Scholarship 2019 di website dan rilis pers mereka.

Multitude of Peer Gynts-Teater Garasi Pemenang Ibsen Scholarship 2019 dari Indonesia
Dokumentasi Teater Garasi
Upacara penyambutan di gerbang desa Bantala, Lewoleba, menandai pembukaan Festival Nubun Tawa, 5 Oktober 2018 silam. Festival ini merupakan bagian dari proyek Multitude Of Peer Gynts Teater Garasi. 

Multitude of Peer Gynts-Teater Garasi Pemenang Ibsen Scholarship 2019 dari Indonesia

POS-KUPANG.COM|KUPANG--Multitude of Peer Gynts, proyek kolaborasi inter-Asia yang diinisiasi oleh Yudi Ahmad Tajudin (sutradara) dan Ugoran Prasad (dramaturg) dari Teater Garasi/Garasi Performance Institute, menjadi pemenang Ibsen Scholarship 2019 bersama dengan empat proyek seni lain dari seluruh dunia setelah mengalahkan 149 proyek dari 60 negara. 

 Kabar gembira ini datang setelah Ibsen Awards secara resmi mengumumkan para pemenang Ibsen Scholarship 2019 di website dan rilis pers mereka. 

Multitude of Peer Gynts mendapatkan hibah kompetitif ini bersama dengan proyek lain yang berasal dari India, Prancis, Lebanon dan Tiongkok.

Dalam pengumuman resmi di website Ibsen Awards, proyek kolaborasi inter-Asia (Indonesia, Jepang, Sri Lanka dan Vietnam) yang diproduseri dan secara artistik dipimpin oleh seniman Teater Garasi ini dianggap para juri: “…sangat menjanjikan dalam penggunaan pendekatan silang budaya dalam proyek ini.

Selain itu, ambisi para seniman yang terlibat dalam melihat sang petualang global legendaris karya Ibsen, Peer Gynt, sebagai kerangka kisah-kisah pergerakan (mobility), perlintasbatasan, perjalanan tanpa rencana (drifting) dan ketakberumahan (homelesness).”

Sebagaimana keterangan pers yang diterima Pos Kupang, Senin (23/9/2019), disebutkan Ibsen Awards adalah lembaga yang dibentuk oleh Kementerian Kebudayaan Norwegia, Pemerintah Kota Skien dan Teater Ibsen, yang menyelenggarakan Festival Ibsen 2 tahunan di Norwegia.

Festival Ibsen memberikan hibah kompetitif “Ibsen Scholarship” untuk proyek-proyek teater dan seni pertunjukan inovatif dari seluruh dunia yang dianggap mengembangkan pemikiran-pemikiran Henrik Ibsen secara kritis dan menempatkannya dalam konteks sosial-politik kontemporer.

Multitude of Peer Gynts adalah proyek kolaborasi teater kontemporer inter-Asia, yang dirintis dan dirancang oleh Yudi Ahmad Tajudin (sutradara, produser) dan Ugoran Prasad (dramaturg, produser) dari Teater Garasi.

Proses kolaborasi ini melibatkan 5 seniman ternama dari Asia: Takao Kawaguchi (performance artist-penari-koreografer), Yasuhiro Morinaga (seniman bunyi-komponis) dan Micari Fukui (aktor-performer) dari Jepang, Venuri Perera (koreografer-penari) dari Sri Lanka, dan Nguyen Manh Hung (perupa) dari Vietnam.

Halaman
123
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved