Gembiranya Siswa-siswi SD dari Rote Ndao Pertama Kali Ikut Cerdas Cermat Matematika di Undana Kupang

Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dari Kabupaten Rote Ndao gembira bisa terlibat dalam lomba Cerdas Cermat Matematika (CCM) XII Universitas Nusa Cendana

Gembiranya Siswa-siswi SD dari Rote Ndao Pertama Kali Ikut Cerdas Cermat Matematika di Undana Kupang
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Guru pendamping dan siswa-siswi SD dari Rote Ndao saat mengikuti rangkaian kegiatan pembuka CCM di Aula Rektorat Lama Undana Kupang, Senin (23/9/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dari Kabupaten Rote Ndao gembira bisa terlibat dalam lomba Cerdas Cermat Matematika (CCM) XII Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

Lomba yang diselenggarakan oleh Kelompok Mahasiswa Studi Mahasiswa Matematika (KSMM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tersebut dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu di Aula Rektorat Lama Undana Kupang, 23-27 September 2019.

Ada tiga SD dari Kabupaten Rote Ndao yang ikut dalam dalam tersebut, yakni SD Mokdale dan SD N 1 Ba'a, masing-masing mengirim 1 tim serta SD Katolik St. Kristoforus, mengirim 2 tim. Ini merupakan kali pertama SD dari Kabupaten Rote Ndao itu ikut dalam lomba CCM.

Diwawancarai POS-KUPANG.COM di sela acara pembukaan CCM, guru pendamping dari SD Mokdale, Dyce Kostadian Meno, mengatakan, mereka sangat senang bisa terlibat dalam CCM. "Apalagi dari Rote Ndao, baru pertama kali ikut lomba cerdas cermat matematika ini," ungkapnya.

Dijelaskannya, para siswa-siswi umumnya takut dengan mata pelajaran matematika, karena dianggap berat atau sulit.

"Di situlah peran guru sangat dibutuhkan, bagaimana agar siswa-siswi bisa tertarik belajar Matematika. Di SD kami sendiri, kami coba memotivasi siswa-siswi, selain itu kami buat bimbingan khusus dan mencoba membuat pendekatan yang lebih ramah dan santai dengan siswa-siswi," ungkapnya.

Dari puluhan sekolah yang seleksi, pada bulan Agustus 2019, tiga sekolah yang disebutkan di atas, dinyatakan berhak mengikuti lomba CCM. Menurutnya, kesempatan tersebut akan dimanfaatkan secara baik guna memotivasi siswa-siswinya agar lebih mencintai belajar Matematika.

Kesaksian Warga: Situasi Makin Brutal Kami Semua Hentikan Aktivitas, Kondisi Terkini Wamena Rusuh

Sementara itu, Dekan FKIP Undana, Dr. Melkisedek Taneo, M.Si dalam sambutannya membuka CCM menegaskan, selain sebagai sebuah kompetisi, CCM menjadi wadah bagi para siswa-siswi dan guru untuk saling belajar dan bertukar pengalaman bagaimana mengajar dan belajar Matematika.

"Ini kompetisi, tapi jangan hanya itu saja yang dilihat, mari kita sama-sama saling menimba ilmu dan pengalaman, untuk selanjutnya, jika itu cocok diterapkan di sekolah-sekolah, kita kembangkan, di masing-masing sekolah," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved