Fapet Undana Kembali Gelar Lomba Pacuan Kuda Perebutkan Piala Dekan

akultas Peternakan (Fapet) Undana kembali menggelar lomba pacuan kuda tahun ketiga (2019). Setelah sukses menggelar lomba yang sama dua tahun sebelumn

Fapet Undana Kembali Gelar Lomba Pacuan Kuda Perebutkan Piala Dekan
foto : Edi Hayong
Dekan Fapet Undana, Ir.  Gustaf Oemathan. M.Si didampingi Pembantu Dekan I, Dr. Arnold Manu dan Ketua Panitia, Ir. Dominggus Osa, MP memberikan keterangan Pers kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/9/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I KUPANG--Manajemen Fakultas Peternakan (Fapet) Undana kembali menggelar lomba pacuan kuda tahun ketiga (2019). Setelah sukses menggelar lomba yang sama dua tahun sebelumnya itu, Fapet Undana mengagendakan kegiatan lomba pacuan kuda tanggal 3-6 Oktober di Arena Pacuan Kuda Babau, Kupang Timur.

Dekan Fapet Undana, Ir.  Gustaf Oemathan. M.Si didampingi Pembantu Dekan I, Dr. Arnold Manu dan Ketua Panitia, Ir. Dominggus Osa, MP menyampaikan ini kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/9/2019).

Gustaf menjelaskan, kegiatan lomba pacuan kuda ini sudah digelar untuk ketiga kalinya. Ini merupakan salah satu agenda dalam rangka HUT Fapet ke 56, sekaligus memotivasi warga untuk mempertahankan genetika kuda asli Timor  yang terancam punah.

"Ini setidaknya kami dari Fapet melakukan gerakan untuk menyadarkan warga yang memelihara kuda agar tetap semangat. Sejak dulu orangtua kita menjadikan kuda sebagai kendaraan utama. Ketika zaman berubah dengan hadirnya mobil maka budaya itupun mulai menurun," kata Gustaf.

Untuk itu, lanjut Gustaf, melalui momen lomba pacuan kuda memperebutkan Piala Dekan Fapet, muncul kembali motivasi warga untuk cinta akan kuda sekaligus menggairahkan warga  untuk terus pelihara.

DPRD NTT Minta Pemerintah Uji Petik Kasus Tenaga Kerja di Kaltim

"Kita juga pada momen ini, akan sosialisasi mengenai pemeliharaan ternak kuda agar  mutunya tidak rendah. Ada  aspek ekonomi bisa bantu warga meningkatkan perekonomiannya," ujar Gustaf.

Sementara Ketua Panitia, Ir. Dominggus Osa, MP
menambahkan, kegiatan lomba pacuan kuda ini mendapat  dukungan penuh dari Rektor Undana. Sebagai penanggung jawab kegiatan langsung di Dekan Fapet yang dalam agenda panitia membuka pendaftaran tanggal 26 September-1 Oktober. Sementara pelaksanaan lomba tanggal 3-6 Oktober dan terbuka bagi siapapun yang punya hobi pacuan kuda untuk bisa mendaftar sesuai kelas-kelas yang dipelombakan.

"Tujuan dari even yang baru tahun ketiga ini tentu kita menjaga agar hewan kuda Timor tidak  punah. Kitapun perkenalkan Fapet kepada masyarakat luas bahwa kita sangat peduli dalam hal pemeliharaan kuda Timor. Inipun juga sebagai arena hiburan bagi pencinta kuda," jelas Dominggus.

Dominggus menambahkan, walaupun jadwal pendaftaran belum dibuka tetapi peserta sudah antusias menyatakan kesiapan mengikuti lomba ini. Peserta dari TTU,  Rote Ndao, Sumba, TTS, Belu, Malaka, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Ngada sudah menyatakan kesiapan. Panitia juga berharap peserta dari Timor Leste-pun bisa ikut hadir mengikuti lomba.

"Pendaftaran untuk kelas kuda Timor ini Rp 150.000 sementara untul standar Rp 200.000. Kita juga bentuk panitia lokal yang nanti bertugas mengatur pengukuran kuda. Kita kerja transparan karena jaga nama baik Fapet," ujar Dekan Fapet. (*)

 
 

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved